Cara Atasi Nyeri Sakit Gigi
tbn0.gstatic.com

DeveNews.Com-Jakarta. Nyeri akibat sakit gigi pastinya pernah dialami oleh mayoritas penduduk di dunia. Gigi dan gusi merupakan salah satu tubuh yang rentan mengalami gangguan, mulai dari gusi berdarah, gigi nyeri, yang mengakibatkan kita kesulitan makan, berbicara dan berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Penyebabnya pun beragam, bahkan kebiasaan menggosok gigi dengan terlalu cepat juga dapat menyebabkan gusi dan gigi berdarah hingga nyeri. Dilansir dari laman medicaldialy.com, jika gigi dan gusi terasa nyeri, berikut beberapa bahan alami yang dapat menjadi cara atasi sakit gigi dan membantu meredakan rasa tidak nyaman tersebut

  1. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai superfood yang banyak digunakan sebagai bahan dasar berbagai macam obat-obatan. Bawang putih dapat membantu meringankan rasa nyeri pada gigi dan gusi karena mengandung allicin, yakni senyawa antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Cukup hancurkan satu siung bawang putih dan oleskan pada area gigi yang bermasalah.

  1. Air garam

Air garam dapat berfungsi sebagai disinfektan alami yang dapat membantu meredakan inflamasi dan membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Cukup campurkan garam ke dalam air hangat, lalu kumur selama 1 hingga 2 menit. Air garam juga berguna untuk membantu menghilangkan plak dan makanan yang menyangkut diantara gigi.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki senyawa antibakteri yang dapat melindungi gigi dari berbagai jenis permasalahan. Lidah buaya merupakan opsi terampuh bagi kamu yang mengalami sakit gigi, cukup ambil getahnya dan oleskan ke area bermasalah pada gigi/gusi.

  1. Kantong teh

Komponen tannins yang terdapat pada kantong teh dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi karena ampuh membunuh bakteri jahat dalam mulut. Gunakan kantong teh yang telah diseduh terlebih dahulu, lalu letakkan kantong teh sisa tersebut di area gigi/gusi yang terasa nyeri selama 5 menit.