Cara Mempertahankan dan Menjaga Hubungan Jangka Panjang Setelah 10, 20, 30 Tahun
Pexels.com

DeveNews.com – Jakarta. Sulit untuk mempertahankan hubungan apa pun. Cara Mempertahankan hubungan jangka panjang dan romantis romantis dengan siapa pun dapat menguji keterbatasan dengan cara yang tidak pernah diketahui. Tetapi apakah benar bahwa semakin tua kita, semakin mudah hubungan ini jadinya? Atau, semakin tua usia kita, semakin mudah kita bosan dengan hubungan ini , Meskipun tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan itu, berikut beberapa metode terbaik yang telah terbukti oleh para ahli untuk menjaga hubungan indah tetap berlangsung bahkan setelah 10, 20, dan 30 tahun. Meskipun tidak setiap hubungan sempurna, harus selalu ada upaya untuk membuatnya tetap kuat jika cinta memang masih ada.

Tahun Ke – 10 :

  • Jadilah Seperti Pemandu Sorak

Selama sepuluh tahun pertama hubungan apa pun, segala sesuatunya terus berubah. Sangat penting bagi AndaCara Mempertahankan hubungan jangka panjang dengan mempertahankan sikap seperti “pemandu sorak” selama momen-momen ini. “Ingat, bagaimanapun, bahwa orang secara individu tumbuh dengan kecepatan mereka sendiri. Terkadang, percepatan perkembangann Anda tidak sinkron dengan pasangan Anda. Bersabarlah dan selalu suportif. Akhirnya, proses Anda akan membuahkan hasil dan pasangan akan mendapatkan keuntungan. ” kata Abigail Brenner M.D., seorang psikiater dan penulis In Flux ‘

  • Tetap Menjunjung Tinggi Pasangan dengan Tata Krama

Seiring bertambahnya usia kita dengan seseorang, terkadang kita melupakan tata krama dan batasan tertentu yang mempertahankan fondasi hubungan inti kita. Penting untuk menjaga batasan terhormat ini untuk menunjukkan kepada pasangan kita (baik sudah menikah atau belum) bahwa kita masih menjunjung tinggi mereka. Terkadang orang dalam hubungan jangka panjang cenderung mulai menerima begitu saja pasangan mereka dan melupakan betapa pentingnya hal itu …” kata Randi Gunther Ph.D.

“Pasangan dalam hubungan baru biasanya berusaha keras untuk bersikap baik, perhatian, empatik, dan suportif. Sayangnya, saat hubungan semakin matang, banyak orang melupakan kebenaran itu dan membiarkan perilaku itu berkurang.” Gunther menambahkan.

Tahun ke – 20

  • Terus Perbaharui Pola Rutinitas

“Seiring waktu, tidak dapat dipungkiri bahwa hidup jatuh ke dalam pola rutinitas.. Sangat mudah untuk bergantian masuk ke dalam perilaku yang dapat diandalkan, dan juga membosankan. Jadi penting untuk mengubahnya dari waktu ke waktu. Waktu untuk mengubah cara berpikir kita, memberikan perspektif baru, dan menciptakan minat dan kegembiraan , sepetti pergi berlibur atau mengikuti kursus, memasak makanan bersama  atau membaca buku dan membahasnya. Perubahan adalah cara hidup yang alami, dan memulainya sendiri dapat memberikan kehidupan baru ke dalam situasi yang ada, “kata Brenner.

Cara Mempertahankan dan Menjaga Hubungan Jangka Panjang Setelah 10, 20, 30 Tahun
Pexels.com
  • Lihat Intimasi Sebagai Petualangan

Keintiman mungkin adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan setelah Anda kehilangan percikan tersebut. Itulah mengapa penting untuk melihatnya sebagai tujuan yang terus-menerus Anda coba capai. Artinya, cobalah melakukan sesuatu yang berbeda setiap hari. Ini bisa berkisar dari apa yang Anda buat untuk makan malam hingga pulang kerja. Menciptakan bumbu dalam hidup Anda tidak membutuhkan sikap yang besar. Itu hanya membutuhkan sedikit dorongan ke arah yang berbeda.

“Pandang hidup sebagai sebuah petualangan. Anda mungkin tidak dapat melakukan semua yang secara pribadi ingin Anda lakukan, terutama setelah Anda memasuki hubungan intim. Namun yang pasti, Anda harus bisa terus mengeksplorasi diri dan cakrawala pribadi Anda sendiri dalam konteks tersebut,tentang hubungan yang terbuka, jujur, dan penuh kasih. Keintiman sejati memungkinkan Anda untuk terus menemukan kembali diri Anda, sementara sebagai pasangan Anda menemukan kehidupan bersama dengan cara yang sebaik mungkin, “tambah Brenner.

  • Kencan, Kencan dan Kencan

Ini adalah salah satu yang mungkin paling jelas dalam daftar. Kencan sangat penting dalam semua hubungan dan dapat membantu menghentikan rutinitas yang kita semua rentan. Keterbatasan dapat terjadi terutama ketika anak-anak atau tanggung jawab lain menjadi faktor, tetapi tidak ada aturan tentang kencan. Ini bisa menjadi makan malam mewah atau sekedar berjalan-jalan di taman hanya dengan berpegangan tangan.

Cara Mempertahankan dan Menjaga Hubungan Jangka Panjang Setelah 10, 20, 30 Tahun
Pexels.com

“Kencan tidak hanya untuk pasangan muda itu bisa menjadi keajaiban bagi pasangan yang telah bersama untuk sementara waktu. Meninggalkan rumah memberikan perubahan pemandangan dan menghidupkan hal-hal untuk kedua pasangan. Tapi tinggal di rumah untuk kencan bisa menyenangkan juga. Anda dapat bersantap di bawah cahaya lilin, misalnya. Pertimbangkan untuk menjadikan kencan sebagai fitur rutin dalam hubungan Anda. Tidak harus dibatasi pada beberapa jam pada malam yang sesekali, dapat berlangsung sepanjang hari, akhir pekan, atau lebih lama. ” kata Linda Bloom, LCSW, dan Charlie Bloom, M.S.W. Baik penulis maupun ahli di bidang relasi.

Tahun Ke-30

  • Sentuhan Kasih

“…Mencium pasangan , menyapa, tersenyum dan melakukan kontak mata, berpegangan tangan … apa pun yang melibatkan setiap dan semua indra Anda dan membuat pasangan Anda tahu bahwa Anda hadir sepenuhnya untuk mereka dan menandakan bahwa Anda “di sini” bersama mereka. Pergilah  tidur bersama dan tentu saja jangan pernah pergi tidur dengan marah – selesaikan perbedaan Anda sebelum tidur, “kata Brenner.

Realitas sulit lainnya bagi beberapa pasangan jangka panjang adalah hilangnya keintiman dan (jika dipilih) aktivitas seksual. Mempertahankan tingkat sensualitas ini membuat pasangan Anda yang dapat mengarah pada tingkat kepercayaan diri dan kebahagiaan yang lebih tinggi.

Cara Mempertahankan dan Menjaga Hubungan Jangka Panjang Setelah 10, 20, 30 Tahun
Pexels.com
  • Perbarui Minat Anda

Brenner menambahkan “Sangat penting untuk meluangkan waktu untuk melakukan percakapan berkelanjutan tentang apa yang terjadi dalam hubungan. Apakah Anda berdua masih berkomitmen seperti dulu untuk mencapai tujuan tertentu bersama-sama? Apakah masalah  atau kepentingan lain mengalihkan perhatian Anda dari komitmen tertentu yang pernah Anda miliki? Apakah komitmen Anda untuk hubungan berubah seiring waktu? Percakapan ini membantu Anda untuk melihat apakah Anda berada di halaman yang sama satu sama lain, dan jika tidak, membantu Anda untuk kembali ke jalur atau mengubah fokusl menjauh dari satu komitmen ke komitmen lain yang saat ini lebih penting bagi Anda sebagai individu dan sebagai pasangan. ”

Ada konotasi yang beredar bahwa pasangan yang lebih tua tidak berhubungan seks. Ini sama sekali tidak benar dan terkadang stereotip ini dapat berdampak negatif pada pasangan di kehidupan nyata.

“Ketika saya mengajar kursus seksualitas manusia untuk mahasiswa, saya memberi tahu mereka bahwa tidak hanya ada seks setelah kuliah, tetapi mereka juga bisa menikmati seksualitas di usia 60-an, 70-an, dan 80-an. Seksualitas erotis adalah tentang kesenangan, kreativitas, misteri , ketidakpastian, dan rasa vitalitas individu dan pasangan. Seks bukanlah fenomena yang berdiri sendiri. Jika vitalitas seksual akan bertahan lebih lama dari fase cinta romantis yang biasanya berlangsung 6 bulan dan tidak lebih dari 2 tahun, Anda perlu memadukan keintiman, kesenangan, dan erotisme.

Kunci erotisme adalah kebebasan dan pilihan, termasuk keterbukaan untuk mengambil risiko emosional dan seksual dengan pasangan intim Anda, “kata Barry W McCarthy Ph.D. seorang Profesor Psikologi di American University dan terapis seks dan pasangan bersertifikat.

  • Cinta Tanpa Batas
Cara Mempertahankan dan Menjaga Hubungan Jangka Panjang Setelah 10, 20, 30 Tahun
Pexels.com

Hanya karena Anda berusia tertentu bukan berarti Anda tidak dapat mencintai atau menemukan cinta baru. Tidak ada batasan untuk apa yang Anda dan pasangan Anda mampu lakukan.

“Untuk menjadi sukses dalam suatu hubungan, Anda tidak boleh takut menjadi diri sendiri dan berbagi diri sendiri. Cinta sejati membutuhkan kejujuran  tentang siapa Anda, apa yang Anda yakini, bagaimana perasaan Anda, dan apa yang Anda inginkan. Komitmen total pada kenyataan dan kejujuran. mendukung integritas suatu hubungan. Anda harus terbuka dan bersedia untuk berbagi, mendengarkan, dan memahami. Hubungan yang bahagia dan kehidupan yang utuh membutuhkan niat untuk belajar tentang pasangan Anda dan diri Anda sendiri serta untuk terus tumbuh. ” kata Andrea Brandt, Ph.D, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Santa Monica.

[Lizzie]