Cara Mengatasi Konstipasi Dengan 5 Bahan Alami
dailycaring.com

DeveNews.Com-Jakarta. Konstipasi dapat terjadi pada setiap orang dari berbagai usia. Kondisi ini kerap kali terjadi jika seseorang kurang mengkonsumsi makanan kaya serat, kurang tidur, dehidrasi hingga stress berkepanjangan. Untuk mengatasi konstipasi, kita seringkali bergantung pada obat-obatan pencahar yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai apotik. Namun, ada baiknya kita mulai mencoba cara mengatasi konstipasi dengan cara yang lebih alami, misal dengan menambahkan menu makanan atau minuman bersifat laxatives ke dalam pola makan sehari-hari seperti sayur dan buah.

Selain tinggi akan serat, beberapa bahan makanan ini juga dapat melancarkan pergerakan otot pada saluran cerna, sehingga kita dapat terhindar dari konstipasi!

  1. Air kelapa

Air kelapa termasuk dalam kategori obat pencahar alami yang bisa menjadi salah satu cara mengatasi konstipasi karena dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi sekaligus memperlancar sistem urinal. Kaya akan kandungan elektrolit dan potassium, membuat minuman satu ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika konstipasi melanda.

  1. Lidah buaya

Tidak hanya baik bagi rambut dan kulit, lidah buaya juga kaya akan enzim, vitamin, mineral serta elektrolit yang dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Komponen anthraquinones yang terkandung pada lidah buaya dapat meningkatkan kadar air dalam saluran pencernaan serta menstimulasi proses sekresi dan mempercepat proses pemecahan makanan.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan kaya serat seperti berry, apel dan pir dapat menjadi pilihan untuk mengatasi konstipasi. Bahan pencahar alami ini mengandung serat yang tinggi, air serta antioksidan yang berguna untuk mencegah inflamasi pada sistem pencernaan.

  1. Chia seed

Chia seed mengandung setidaknya 10 gram serat dalam tiap penyajiannya. Ketika dikonsumsi, bahan satu ini dapat memperbaiki serta melancarkan saluran pencernaan, serta memudahkan proses penyerapan air.

  1. Sayuran hijau

Sayuran telah dikenal sebagai bahan pencahar alami sejak dahulu kala. Kale dan bayam adalah salah satu sayuran yang efektif untuk mengatasi konstipasi karena kaya akan magnesium yang dapat mempercepat proses pencernaan serta mencegah terjadinya kram perut.

[Bella Setiawati]