Cara mengatasi stress
dailymail.co.uk

DeveNews.Com-Jakarta. Stress dapat berujung serius apabila tidak ditangani langsung, dan dapat berujung pada permasalahan kesehatan lain seperti kelelahan, sakit kepala hingga inflamasi dan iritasi pada organ tubuh. Gaya hidup sehat dan olahraga memang dapat membantu mengurangi stress, namun tidak ada salahnya kamu juga turut mengkonsumsi suplemen dan vitamin berikut untuk membantu atasi stress dengan lebih efektif!

  1. Melatonin

Melatonin adalah hormon yang membantu mengantur jam tidur kita, sehingga suplemen yang kaya akan melatonin dapat membantu mengurangi stress dengan membuat tidur kita lebih lelap dan berkualitas. Seringkali stress justru berasal dari kurangnya jam tidur dan insomnia.

  1. Glisin

Asam amino yang digunakan tubuh secara alami untuk memproduksi protein ini dapat membantu cara mengatasi stress dengan memberikan efek menenangkan pada otak, sehingga kita bisa lebih rileks di malam hari. Suplemen dengan kandungan glisin juga dapat mengurangi rasa kelelahan.

  1. L-theanine

Seringkali ditemukan dalam kandungan daun teh, L-theanine adalah sejenis asam amino yang dapat membantu kurangi stress dan khawatir berlebih pada seseorang karena efek menenangkan yang dihasilkannya, tanpa adanya efek samping seperti penggunaan obat penenang. Studi juga menunjukkan bahwa manfaat positif L-theanine dapat diperoleh dari asupan suplemen & vitamin, tanpa perlu mengkonsumsi teh setiap hari.

  1. Rhodiola rosea

Tanaman herbal yang umumnya ditemukan di dataran tinggi benua Asia dan Rusia ini ternyata mampu menjadi cara mengatasi stress dengan cara menstimulasi sistem respon tubuh terhadap stressor atau faktor penyebab stress. Tanaman yang sudah terbukti aman secara medis ini memiliki senyawa adaptogenik aktif yakni salidroside dan rosavin, yang berguna untuk mengatasi stress

  1. Vitamin B kompleks

Vitamin ini biasanya mengandung 8 jenis vitamin B, yang dapat membantu memperbaiki mood dan level energi seseorang, karena kemampuannya untuk membantu asam amino dalam menurunkan level darah sehingga stress pun dapat dihindari.

[Bella Setiawati]