Cara Menghilangkan Rasa Kantuk
Ilustrasi - Pexels.com

DeveNews.Com – Rasa Kantuk di Siang Hari kerap datang ke kita terutama setelah makan siang. Meski merasa cukup tidur, tapi tak menutup kemungkinan rasa kantuk akan datang di siang hari. Untuk mengatasi rasa kantuk yang tak tertahankan,  coba simak cara menghilangkan rasa kantuk berikut ini.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dipilih, misalnya dengan meminum kopi, melakukan peregangan hingga power nap. Berikut ulasan cara menghilangkan rasa kantuk di siang hari

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Paling Efektif

  1. Minum Kopi

Asupan kafein salah satu cara efektif untuk melawan kantuk, khususnya bagi Anda yang sedang bekerja. Sifatnya sebagai stimulan, dimana mampu meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf pusat. 
Itu mengapa setelah minum kopi selain kantuknya hilang, kemampuan berpikir dan tingkat fokus pun meningkat. Meski begitu, Anda tetap tak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi kopi.

  1. Power Nap

Memang tak ada salahnya Anda tidur sebentar jika kantuk yang datang cukup mengganggu. Karenanya, gunakan 15-30 menit untuk mengembalikan energi mu saat itu. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya pasang alarm agar tidak kebablasan ya!

  1. Tidak Duduk Terlalu Lama

Ini bisa Anda coba juga, cobalah untuk duduk tidak terlalu lama. Duduk terlalu   lama dalam posisi yang sama memang berpotensi untuk mengalami kantuk. Padahal rata-rata pekerja kantoran akan duduk untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Karenanya, jika kantuk mulai menyerang, segera berdiri, lakukan peregangan tubuh atau sekedar jalan agar aliran darah kembali normal. Kantuk pun perlahan akan menghilang.

  1.  Gunakan Cahaya yang Cukup

Jika Anda bekerja di tempat tertutup, sebaiknya buka jendela atau gunakan penerangan yang cukup. Mengapa? Karena sinar matahari mampu meningkatkan energimu. 
Sedangkan untuk ruangan yang tak berjendela, Anda bisa memanfaatkan lightbox yang berfungsi untuk memancarkan cahaya UV, sehingga kantuk pun akan menghilang.

  1. Mendengarkan Musik yang Ceria

Cara agar tidak ngantuk selanjutnya yakni dengan mendengarkan musik. Ya, penyebab kantuk tak melulu karena kurang tidur, namun suasana ruang kerja yang sunyi pun ikut andil. Nah untuk meminimalisir rasa kantuk tersebut, Anda bisa mendengarkan musik yang bertempo cepat.

  1.  Cuci Muka

Jika kantuk yang datang luar biasa berat, Anda bisa melipir sebentar ke kamar mandi untuk cuci muka. Percikan air dingin yang mengenai wajahmu, ditambah udara sejuk yang berhembus, hal ini akan meningkatkan tingkat waspada.

Ya itulah beberapa cara menghilangkan rasa kantuk secara efektif. Terlepas dari itu, sebaiknya atur jadwal tidur yang berkualitas. Atau kurangi makan karbo yang terlalu banyak saat makan siang. Semoga bisa membantu untuk mengurangi rasa kantuk yang berlebihan di siang hari.

Selamat Mencoba.

[Deve Admin]