Cara meningkatkan hormon testosteron
Pexels.com

DeveNews.Com – Cara Meningkatkan Hormon Testosteron secara alami pada orang dewasa cukup penting. Pasalnya, Pada orang dewasa, tingkat kesehatan penting untuk kesehatan umum, risiko penyakit, fungsi seksual, dan hampir semua hal lainnya

Meningkatkan kadar testosteron dapat menyebabkan peningkatan cepat pada massa otot dan vitalitas hanya dalam hitungan minggu

Menariknya, ini juga memainkan peran penting dalam kesehatan wanita dan kesejahteraan seksual

Para wanita dan pria sebaiknya memastikan mereka memiliki tingkat testosteron yang sehat, terutama seiring bertambahnya usia

Berikut 8 cara meningkatkan hormon testosteron secara alami.

  1. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah banyak penyakit terkait gaya hidup. Dan olahraga juga bisa meningkatkan testosteron. Sebuah studi  menemukan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.

Latihan ketahanan seperti angkat beban, adalah jenis latihan terbaik untuk meningkatkan testosteron baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang

  1. Makan Protein, Lemak dan Karbohidrat

Apa yang Anda makan berdampak besar pada testosteron serta kadar hormon lainnya. Karena itu, Anda harus memperhatikan asupan kalori dan strategi diet jangka panjang.

Diet terus-menerus atau makan berlebihan dapat mengganggu kadar testosteron. Makan protein yang cukup dapat membantu menjaga tingkat kesehatan dan membantu menghilangkan lemak yang juga terkait dengan testosteron. Penelitian menunjukkan karbohidrat dapat membantu mengoptimalkan tingkat testosteron tingkat selama pelatihan ketahanan

Namun, penelitian menunjukkan bahwa lemak sehat yang cukup juga bermanfaat untuk testosteron dan kesehatan. Diet  dengan keseimbangan lemak, protein, dan karbohidrat yang sehat dapat mengoptimalkan kadar hormon dan kesehatan jangka panjang.

  1. Minimalkan Stres dan Tingkat Kortisol

Penelitian selalu menyoroti bahaya stres jangka panjang, yang dapat meningkatkan kadar hormon kortisol. Peningkatan kortisol yang tidak wajar dapat dengan cepat menurunkan testosteron. Stres dan kortisol yang tinggi juga dapat meningkatkan asupan makanan, penambahan berat badan, dan penyimpanan lemak tubuh yang berbahaya di sekitar organ.  Pada gilirannya, perubahan ini dapat berdampak negatif pada testosteron.

Untuk kesehatan dan tingkat hormon yang optimal, Anda harus mencoba mengurangi situasi stres yang berulang dalam hidup.

Fokus pada pola makan berdasarkan makanan utuh, olahraga teratur, tidur nyenyak, tertawa, dan gaya hidup seimbang, semuanya dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan serta tingkat testosteron Anda

  1. Dapatkan Sinar Matahari atau Minum Suplemen Vitamin D.

Vitamin D dengan cepat menjadi salah satu vitamin paling populer didunia. Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin D memiliki berbagai manfaat kesehatan, dan juga dapat berfungsi sebagai penguat testosteron alami

Untuk meningkatkan testosteron dan menuai manfaat lain dari vitamin D, cobalah untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara teratur atau konsumsi suplemen vitamin D3 setiap hari tetapi konsultasikan lah terlebih dahulu pada dokter

Jika Anda merasa testosteron  rendah, Anda harus mengunjungi dokter untuk evaluasi.  Gejala testosteron rendah mungkin tumpang tindih dengan gejala untuk kondisi lain yang mudah diobati, jadi yang terbaik adalah mendapatkan diagnosis medis profesional terlebih dahulu.

Terlepas dari itu, semua perubahan gaya hidup yang disebutkan di atas seperti berolahraga, mendapatkan vitamin D, makan lemak sehat, minum lebih sedikit alkohol, cukup tidur, dan mengurangi stres akan membantu meningkatkan kadar testosteron dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.  Jika metode alami ini tidak meningkatkan kadar testosteron, Anda mungkin perlu mendiskusikan pilihan seperti terapi penggantian testosteron dengan dokter.

  1. Konsumsi Suplemen Vitamin dan Mineral

Meskipun manfaat multivitamin diperdebatkan dengan hangat, vitamin dan mineral tertentu mungkin bermanfaat. Dalam sebuah penelitian, zinc dan  vitamin B meningkatkan kualitas sperma hingga 74%.

Studi lain juga menunjukkan vitamin A, C dan E dapat berperan dalam hormon seks dan kadar testosteron Anda, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. Dari semua vitamin dan mineral yang tersedia, penelitian tentang testosteron menunjukkan suplemen zinc dan vitamin D juga menjadi salah satu yang terbaik yang bisa di coba.

  1. Dapatkan Banyak Istirahat, Tidur Berkualitas Tinggi

Tidur nyenyak sama pentingnya untuk kesehatan Anda seperti diet dan olahraga. Ini mungkin juga memiliki efek besar pada kadar testosteron Anda. Jumlah tidur ideal bervariasi dari orang ke orang, tetapi satu penelitian menemukan bahwa tidur hanya 5 jam per malam dikaitkan dengan penurunan kadar testosteron sebesar 15%.

Satu studi jangka panjang mengamati bahwa mereka yang tidur hanya empat jam per malam memiliki tingkat kekurangan yang berada di ambang batas. Studi jangka panjang lainnya mendukung hal ini.  Satu studi menemukan bahwa untuk setiap jam tambahan tidur yang Anda dapatkan, rata-rata kadar testosteron naik 15% lebih tinggi

Meskipun beberapa orang tampaknya baik-baik saja dengan kurang tidur, penelitian menunjukkan sekitar 7-10 jam tidur per malam adalah yang terbaik untuk kesehatan jangka panjang dan testosteron Anda.

  1. Makan Lebih Banyak Biji-bijian

Zinc dan magnesium sangat penting untuk produksi testosteron, dan kacang-kacangan serta biji-bijian akan membantu untuk menambah berat badan.  Kacang mete bisa menjadi pilihan yang baik.

  1. Makan lebih banyak quinoa dan Kedelai secukupnya

Meskipun quinoa digunakan seperti biji-bijian dalam memasak memiliki senyawa peniru androgen dan asam amino, serta mengandung zinc, magnesium, dan arginin.  Anda juga bisa memasukkannya di salad Anda. Makan kedelai secukupnya karena bisa dikatakan dapat menurunkan kadar testosteron.

  1. Minum Beberapa Penguat Testosteron Alami Ini

Hanya beberapa penguat testosteron alami yang didukung oleh penelitian ilmiah.Ramuan dengan penelitian terbanyak di baliknya disebut ashwagandha. Satu studi menguji efek ramuan ini pada pria yang tidak subur dan menemukan peningkatan 17% dalam kadar testosteron dan 167% peningkatan jumlah sperma.

Pada pria sehat, kadar ashwagandha meningkat sebesar 15%.  Studi lain menemukan itu menurunkan kortisol sekitar 25%, yang juga dapat membantu testosteron.

Ekstrak jahe juga dapat meningkatkan level testosteron. salah satu cara meningkatkan hormon testosteron adalah dengan ramuan lezat yang juga memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Sebagian besar penelitian tentang jahe telah dilakukan pada hewan.  Namun, satu penelitian pada manusia yang tidak subur menemukan bahwa jahe dapat meningkatkan kadar testosteron hingga 17% dan meningkatkan kadar hormon seks utama lainnya.

  1. Ikuti Gaya Hidup Sehat dan Hindari Senyawa seperti Estrogen

Ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi kadar hormon Anda.Kehidupan seks yang sehat memainkan peran penting dalam mengatur kadar hormon seks dan testosteron Anda

Mungkin tidak mengherankan bahwa penggunaan alkohol atau narkoba yang berlebihan, baik untuk keperluan medis atau rekreasi, juga dapat menurunkan kadar testosteron. Sebaliknya, tawa, kebahagiaan, dan kesuksesan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kadar testosteron Anda , jadi pastikan itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari Anda.

[Lizzie]