Move On - Gambar Ilustrasi Kelli Sikkema - Unsplash.Com
Gambar Ilustrasi by Kelli Sikkema - Unsplash.Com

DeveNews.Com – Jakarta. Kebanyakan orang cenderung percaya bahwa hubungan baru dapat menyembuhkan mereka dari putusnya rasa sakit atau kesepian. Namun, para psikolog yakin bahwa kita perlu memiliki pendekatan yang “masuk akal” untuk memulai kembali dengan pasangan baru lagi, siap move on dengan memastikan bahwa kita siap untuk halaman baru.

Dilansir dari BrightSide.me,  berikut adalah tanda-tanda apa yang bisa membantu memahami bahwa inilah waktunya untuk anda membiarkan seseorang yang baru dan istimewa akhirnya tiba dalam hidup anda.

  1. Masa lalu Anda tidak menyebabkan emosi negatif

Anda tidak lagi gelisah dan gugup dan kemarahan yang Anda miliki terhadap mantan anda sudah lama hilang. Anda mulai berhubungan dengan masa lalu Anda dengan kehangatan dan rasa syukur karena telah memberi Anda banyak hal yang baik.

Semua tanda-tanda ini berarti bahwa Anda telah move on dan telah berhenti mengulang semua emosi masa lalu Anda berulang kali. Anda malah mulai fokus pada masa depan Anda dan membangun hubungan baru.

  1. Anda tidak takut kesepian.

Terdengar paradoks Anda tidak pernah siap untuk hubungan baru. Semua karena saat ini Anda tidak merasa sedih karena Anda lajang, Anda tidak duduk di rumah menunggu cinta, dan Anda tidak terus mengecek ponsel Anda untuk pesan baru setiap saat. Sebaliknya, Anda mengisi hidup Anda dengan sesuatu yang sangat menarik bagi Anda.

  1. Anda memiliki minat dan teman Anda sendiri.

Ketika kita berada dalam suatu hubungan, kita secara tidak sadar mulai mengadopsi kepentingan pasangan kita. Setelah putus, minat-minat ini tetap ada. Dan setelah beberapa waktu Anda mungkin menyadari bahwa hal tersebut bukanlah sesuatu yang benar-benar Anda sukai, sementara anda masih memiliki benda seperti kamera lama, piano usang yang dapat memberi Anda kesenangan nyata. Anda mulai melakukan apa yang benar-benar Anda sukai atau apa yang selalu ingin Anda coba.

Selain itu, Anda memiliki teman sendiri yang berkomunikasi dengan Anda dan bukan karena Anda berkewajiban melakukannya, tetapi karena Anda benar-benar ingin melakukannya. Anda siap untuk hubungan baru jika hidup Anda tidak lagi terfokus hanya pada satu orang.

  1. Anda tidak hanya siap untuk menerima cinta, tetapi Anda juga siap untuk memberikannya.

Meskipun Anda tidak menjalin hubungan, Anda memiliki kesempatan untuk menyimpan begitu banyak kehangatan dan kelembutan. Dan saat ketika Anda memahami bahwa Anda tidak hanya ingin dipeluk dan didukung, tetapi juga bahwa Anda sendiri siap untuk memeluk orang lain dan mendukung mereka – berarti Anda siap untuk suatu hubungan baru.

  1. Anda memiliki reaksi tenang ketika Anda melihat hubungan orang lain.

Anda dapat menonton kisah cinta lagi tanpa air mata dan benar-benar bahagia jika teman-teman Anda menikah atau mengakui perasaan mendalam mereka satu sama lain. Anda tidak cemburu dengan teman-teman dan mereka yang telah menemukan kebahagiaan mereka di hadapan Anda karena Anda tahu bahwa suatu hari itu akan terjadi juga dengan Anda.

  1. Anda ingin pergi berkencan.

Pemikiran bahwa Anda harus berbicara tentang diri Anda sekali lagi dan bahwa Anda harus belajar tentang orang lain dari nol ketika Anda bertemu dengan orang baru tidak mengganggu Anda lagi. Sebaliknya, itu memicu minat Anda.

Semua karena waktu yang cukup telah berlalu setelah perpisahan dan Anda merasa seperti menawan dan terpesona lagi.

  1. Kemampuan untuk mengatakan “Tidak.”

Dengan semua waktu yang Anda habiskan sendirian, Anda telah belajar menggambar batas-batas Anda dengan benar dan sekarang Anda tahu pasti bagian mana dalam mitra yang akan cocok dengan Anda. Anda dapat dengan mudah mengatakan “Tidak” kepada siapa pun jika Anda melihat bahwa hubungan dengan mereka tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Agar tidak melupakan sesuatu, disarankan untuk membuat daftar kualitas yang ingin Anda lihat di pasangan masa depan Anda.

  1. Kesiapan untuk berkompromi

Batasan Anda mungkin ketat, tetapi pada saat yang sama Anda juga memahami bahwa mungkin ada sesuatu yang tidak disukai oleh calon partner Anda di masa depan. Anda siap untuk diskusi dan dapat berkompromi. Misalnya, Anda siap melepaskan kebiasaan buruk Anda dan mengembangkan kebiasaan baru, mempertimbangkan kembali pendapat Anda tentang beberapa hal, dan bahkan mencoba sesuatu yang baru.

[Trisia]