Depresi Berat
Sumber : amazonaws.com

DeveNews.com – Jakarta. Kasus bunuh diri kini tengah menjadi isu penting yang dibahas oleh khalayak ramai. Bagaimana tidak, hampir kasus kematian yang terjadi di dunia terutama di AS merupakan akibat dari bunuh diri. Kate Spade, salah satu desainer ternama dari brand terkemuka asal Amerika ditemukan tewas bunuh diri di apartemennya beberapa hari silam. Hal ini membuat keluarga sekaligus kerabat dekatnya merasa terkejut sekaligus heran karena Kate sama sekali tidak terlihat seperti sedang depresi berat.

Setiap individu memiliki caranya masing-masing dalam mengatasi stress atau tekanan. Mungkin saat ini temanmu terlihat baik-baik saja dan tersenyum, but no one ever knows what’s inside his/hers true feeling. Seringkali luput dari perhatian, gangguan mental ternyata menjadi salah satu pembunuh utama kebanyakan orang dari berbagai latar belakang dan usia.

Menurut data yang diterbitkan oleh CDC (Center for Disease Control and Prevention) angka bunuh diri di dunia meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2018 sendiri, angka bunuh diri gadis remaja usia 15 hingga 19 tahun meningkat dua kali lipat. Para ahli menduga penggunaan gadget dan media sosial menjadi salah satu faktor utama pemicu hal tersebut. We can fight this trend by raising awareness and encouraging people to get help when they feel depressed and suicidal. Dilansir dari laman seventeen.com, berikut 4 tips sederhana dari para psikolog dan ahli terapi yang bisa dilakukan when you feel depressed and suicidal :

1. Buat Daftar Pujian

Kapanpun kamu merasa tertekan, buatlah sebuah daftar tulisan yang berisi pujian serta hal-hal yang membuatmu bahagia ketika mengingatnya. Ingatlah bahwa kamu yang memiliki kendali sepenuhnya atas emosi yang sedang kamu rasakan.

2. Temukan dan Lakukan Hal-hal Yang Kamu Sukai

Ada kalanya bersosialisasi dengan orang-orang yang memiliki hobi sama dengan dirimu menjadi obat dalam mengatasi depresi. Jika kamu memiliki hobi yang jarang dilakukan, maka inilah saatnya kamu melakukan apa yang kamu sukai lagi dan berada di lingkungan yang membuat kamu nyaman. Sometimes all it takes to feel better is connecting with other people who can understand what you’re going through.

Baca Juga : https://www.devenews.com/melihat-tingat-depresi-seseorang-melalui-akun-instagramnya/

3. Bicaralah Pada Seseorang Yang Kamu Percayai

Menumpahkan uneg-uneg adalah salah satu cara untuk meringankan beban hidup apapun yang sedang kamu alami. Teman, orang tua, psikolog, guru atau pelatih yang memiliki hubungan dekat dengamu dapat dijadikan partner untuk membicarakan kekhawatiran dan keluh kesahmu. Jangan pernah malu dan ragu untuk mengutarakan perasaan atau masalahmu saat ini. You will be amazed at how much better you might feel just by saying, “I’m not feeling so great.”

4. Bicarakan Pada Ahlinya

Jika kamu merasakan keinginan untuk bunuh diri akibat depresi berat dan kekhawatiran berlebih, maka jangan ragu untuk meminta bantuan pada professional seperti psikolog, ahli terapi atau konselor. Your feelings are nothing to be ashamed of. Para psikolog juga akan memikirkan solusi dan jalan terbaik untuk mengatasi masalahmu seefektif mungkin. [][Bella Setiawati]]

Editor : Shofi Muhaya