Devenews.com-Jakarta. Seringkali kita mendengar perumpaan mata adalah jendela jiwa. Nyatanya secara medis, mata ternyata dapat menjadi indikator pengukur seberapa sehat tubuh kamu, karena ternyata jika kamu melakukan check up mata, maka penyakit lain dalam tubuh kamu juga dapat terdeteksi.

Dilansir dari expertbeacon untuk kamu yang ingin menggunakan lensa kontak baik untuk manfaat medis atau gaya hidup, kontrol mata harus dilakukan lebih intensif minimal sekali setiap tahun.

1. Do

Sumber : cdn.skim.gs

1. Konsultasi Pada Dokter

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah jenis lensa kontak yang cocok untuk kamu lewat bantuan dokter spesialis mata dibidang ophthalmologist. Seorang optometrist dapat menentukan jenis lensa kontak seperti apa yang cocok sekaligus memberikan resep agar mata tetap sehat selama pemakaian.

2. Handle With Care

Rawat dan jaga kebersihan lensa kontak dengan telaten, karena lensa kontak sensitif terkena bakteri dan kotoran. Pastikan tangan kamu sudah bersih ketika memasang atau melepas lensa kontak agar tidak terjadi iritasi di kemudian hari.

3. Selalu Siapkan Back-up

Back-up yang dimaksud disini adalah kacamata dan soft lens kit. Ketika berpergian dan ternyata kamu merasa tidak nyaman dengan lensa kontak, kamu dapat melepasnya dan tetap dapat melihat dengan baik menggunakan kacamata.

4. Rawat Lensa Kontak Sesuai Petunjuk Dokter

Ikuti cara membersihkan lensa kontak yang benar dengan menggunakan air softlens yang sudah teruji kualitasnya. Jangan pernah menyentuh ujung botol air softlens menggunakan tangan karena bakteri yang menempel pada jari dapat berpindah dan mengkontaminasi isinya. Tutup botol dengan rapat agar air tetap steril.

5. Remember, Your Eyes Change

Periksa mata dengan rutin setahun sekali karena kondisi mata dapat berubah setiap waktu. Oleh karena itu penting untuk kamu tahu dan mengupgrade perawatan mata agar kondisinya dapat menjadi lebih baik.

Don’ts

Sumber : weebly.com

1. Jangan Meminjamkan Lensa Kontak

Jangan pernah meminjam dan memakai lensa kontak milik orang lain, karena selain kondisi mata tiap orang berbeda-beda, lensa yang sudah dipakai otomatis sudah tertempel bakteri menular yang dapat berpindah dan menginfeksi mata kamu

2. Hindari Mengucek Mata

Jika mata kamu gatal selama pemakaian lensa kontak, ada baiknya untuk kamu segera melepasnya dan mencucinya kembali dengan air softlens, dibanding mengucek mata ketika pemakaian lensa.

3. Hindari Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Beberapa lensa tidak memiliki asupan air dan oksigen yang cukup bagi mata, jadi ada baiknya kamu mencopot lensa sebelum tidur agar mata dapat beristirahat dan memperoleh asupan oksigen secara alami.

4. Do Not Use Decorative Lenses

Walaupun lensa satu ini akan membuat mata kamu terlihat indah, ada baiknya kamu tidak tergoda untuk membelinya secara sembarangan dan tetap mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter mata.

5. Never Ignore Problems

Jika mata mengalami iritasi, kemerahan, perih hingga rasa terbakar, ada baiknya kamu langsung mengkonsultasikan hal ini kepada dokter mata. Jangan pernah mengabaikan gejala ini karena bisa jadi lensa yang menggangu adalah indikasi mata tidak cocok dengan jenis lensa yang dipakai dan harus segera diganti agar kesehatan mata tetap terjaga.[][Bella Setiawati]]