Fungsi Kacamata Anti Radiasi
Ilustrasi : Pexels.com

DeveNews.com – Fungsi Kacamata anti radiasi Pada dasarnya bisa menghalangi cahaya tertentu dari mata untuk menghindari kerusakan. Ini menjadi semakin populer akhir-akhir ini karena orang-orang yang bekerja di depan komputer mencoba melindungi mata mereka dari potensi gangguan.

FUngsi Kacamata anti radiasi juga melindungi mata pengguna dari kerusakan cahaya yang bisa disebabkan oleh paparan berlebih dari layar.

Melihat layar komputer bisa sangat berbahaya bagi kesehatan mata, untungnya dengan memakai lensa yang menghalangi cahaya tersebut, Anda bisa lebih efektif menghindari sakit kepala dan penglihatan yang makin berkurang. Kacamata antiradiasi harus dipakai terutama setelah matahari terbenam karena cahaya biru dapat memengaruhi pola tidur.

Penggunaan kacamata antiradiasi, atau pemblokiran cahaya biru, telah meningkat akhir-akhir ini karena orang-orang berhati-hati melindungi mata mereka dari cahaya biru yang berbahaya.

  • Mengapa Anda Membutuhkan Kacamata Anti radiasi? Apa Fungsi kacamata Antiradiasi?

Kacamata anti radiasi sering disebut juga kacamata pemblokir cahaya biru karena cahaya biru merupakan salah satu yang sangat keras pada mata yang dipancarkan dari layar.

Cahaya biru adalah nada cahaya yang terlihat oleh mata manusia dan berkisar dari 380 nm hingga 500 nm. Ini menyumbang sekitar sepertiga dari semua cahaya tampak dan disebut sebagai high energy visible (HEV) atau cahaya biru. Cahaya ini ada dimana-mana karena sinar matahari adalah sumber utamanya, sebenarnya cahaya biru inilah yang membuat langit tampak biru bagi mata manusia.

Mayoritas eksposur terhadap cahaya ini adalah selama menghabiskan waktu di luar ruangan tetapi juga bisa dari sumber buatan manusia. Paling umum, dari lampu fluorescent dan LED. Cara umum lainnya untuk menerima cahaya biru adalah dari televisi layar datar, layar komputer, smartphone, dan perangkat digital lainnya. Namun, ini memancarkan sebagian kecil dari apa yang dipancarkan matahari.

Paparan sinar HEV ini juga dapat meningkatkan frekuensi gejala seperti sakit kepala, sakit mata, kelelahan, mata kering, dan demam. Ini semua disebabkan oleh cahaya dan frekuensi yang dipancarkan dari teknologi. Di sinilah kacamata antiradiasi berguna.

  • Kelebihan Kacamata Antiradiasi

Salah satu alasan mengapa kacamata ini sangat populer adalah untuk digunakan di layar pada malam hari. Cahaya yang terpancar dari televisi, komputer, dan ponsel dapat mengelabui otak dengan berpikir bahwa hari masih siang. Sebaliknya, tubuh tidak mengeluarkan melatonin yang merupakan hormon yang membantu tubuh untuk tidur.

Dengan menggunakan kacamata pemblokir cahaya biru ini, salah satu fungsi kacamata anti radiasi ini adalah, Anda mungkin melihat peningkatan level melatonin malam hari sebesar 58% jika dibandingkan dengan tidak menggunakan kacamata pemblokir cahaya biru selama paparan layar malam hari. Ini adalah alasan utama mengapa orang akan mendapatkan kacamata antiradiasi dengan dan tanpa resep yang ditambahkan ke lensa.

Jika Anda menghabiskan berjam-jam di depan layar setiap hari, penggunaan kacamata ini mencegah ketegangan mata dan dapat membantu melindungi mata selama bertahun-tahun. Kerusakan cahaya biru dapat bersifat kumulatif dan berdampak pada mata di kemudian hari dalam hidup Anda. Dengan menggunakan kacamata pemblokir cahaya biru secara konsisten, Anda mungkin bisa meningkatkan penglihatan Anda di tahun-tahun mendatang.

Mata sangat tidak berhasil memblokir sendiri cahaya biru yang berbahaya, jadi menggunakan kacamata dapat menghalangi cahaya melewati kornea dan lensa dan mencapai retina. Dengan mengurangi eksposur, Anda mengurangi kemungkinan terkena degenerasi makula yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

  • Kacamata Antiradiasi Dapat Mengurangi Gejala Mania pada Penderita Bipolar

Selain melindungi kesehatan mata, kacamata bercahaya biru juga berhasil mengurangi gejala mania pada penderita bipolar. Bagi mereka yang menggunakan kaca mata untuk memblokir cahaya yang keras antara jam 6 sore dan 8 malam selama tujuh hari, gejala bipolar terlihat berkurang. Ini dibandingkan dengan mereka yang memakai kacamata bening.

Studi ini melihat bahwa ada peningkatan mulai hanya tiga malam saat memakai kacamata. Ini bisa dijelaskan dengan melihat anatomi otak. Ada reseptor di mata kita yang hanya mendeteksi cahaya biru, reseptor ini berkomunikasi dengan hipotalamus dan sistem limbik.

Hipotalamus mengontrol jam biologis, sedangkan sistem limbik mengontrol suasana hati dan emosi. Oleh karena itu, mereka yang diuji melihat peningkatan insomnia serta gejala yang sejalan dengan diagnosis bipolar saat memakai kacamata pemblokir cahaya biru.

Meskipun kacamata antiradiasi atau pemblokir cahaya biru murni dimaksudkan untuk melindungi mata dari kerusakan, ada banyak manfaat yang tidak diinginkan yang mungkin Anda alami jika Anda mulai menggunakan kacamata dengan cara yang ditentukan. Selain itu, hanya dengan sadar dan sadar berapa lama mata Anda terpapar cahaya berbahaya, Anda bisa lebih memperhatikan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Lapisan anti-reflektif juga dikenal sebagai lapisan anti-silau atau AR oleh beberapa ahli kacamata. Lensa memberi Anda penglihatan yang jelas sekaligus meningkatkan penampilan Kacamata Oakville Anda pada saat yang bersamaan. Mari kita simak beberapa manfaat lain dari kacamata anti reflektif.

Manfaat Kacamata Anti Reflektif Dapat Menghilangkan pantulan cahaya

Jika dibandingkan dengan lensa plastik biasa, lensa indeks tinggi memantulkan lebih banyak cahaya. Biasanya lebih banyak cahaya yang dipantulkan dari permukaan lensa jika indeks bias bahan lensa tinggi. Itulah mengapa lapisan anti silau paling efektif bila digunakan pada lensa indeks tinggi.

Misalnya, kira-kira hanya 8% cahaya yang mengenai lensa dipantulkan melalui lensa plastik. Ini berarti hanya 92% dari cahaya yang tersedia masuk ke mata untuk penglihatan. Di sisi lain, lensa plastik dengan indeks tinggi mampu memantulkan cahaya sekitar 50% lebih banyak dibandingkan lensa plastik biasa, yang menyediakan sekitar 12% cahaya. Hal ini membuat seseorang sangat sulit untuk melihat dengan jelas keadaan sekitarnya terutama kondisi cahaya redup seperti mengemudi di malam hari.

Dengan bantuan lapisan AR Kacamata Oakville modern, pantulan cahaya dari lensa kacamata hampir sepenuhnya dihilangkan. Ini memungkinkan 99,5% cahaya yang ada masuk melalui lensa dan masuk ke mata yang memberikan penglihatan yang baik. Tanpa pantulan cahaya, lapisan anti pantulan juga memberikan kejernihan yang lebih baik untuk ekspresi wajah dan mata Anda. Ini pasti akan membuat Anda terlihat bagus dalam segala jenis pencahayaan.

Lapisan anti-reflektif pada lensa juga menawarkan banyak manfaat bagi penglihatan seseorang. Ini memberi Anda penglihatan yang lebih tajam terutama saat mengemudi di malam hari. Lapisan ini juga sangat efektif jika diaplikasikan pada kacamata hitam. Jika kacamata hitam memiliki lapisan anti-reflektif, ini menghilangkan pantulan cahaya matahari dari mata Anda.

Lapisan permukaan hidrofobik termasuk dalam sebagian besar lapisan AR kelas atas. Lapisan ini mencegah terbentuknya bercak air sehingga lebih mudah dibersihkan. Beberapa lapisan anti-reflektif juga memiliki lapisan permukaan yang disebut oleo fobia. Permukaan ini kemudian berhasil mengusir minyak yang disekresikan oleh kulit dan menghilangkan noda dari lensa.

Selain itu, jika Anda menggunakan kacamata dengan lapisan anti-reflektif saat menggunakan komputer dalam waktu lama, ketegangan pada mata juga berkurang. Kacamata tanpa lapisan ini tidak seefektif kacamata dengan lapisan AR.

Anda bersiap-siap untuk memakai lapisan AR yang diaplikasikan di pabrik. Jika menyangkut lensa progresif dan lensa bifokal. Pelapis diterapkan sesuai resep Anda. Jadi jika Anda berencana untuk membeli sepasang Kacamata Oakville baru, pertimbangkan untuk membeli satu dengan lensa anti-reflektif.

[Stella]