Gel Pembersih Tangan
verywellhealth.com

DeveNews.Com – Jakarta. Gel Pembersih tangan praktis atau yang dikenal sebagai hand sanitizer, merupakan penyelamat dikala kita sedang buru-buru dan tidak sempat mencuci tangan. Gel satu ini diklaim dapat membunuh hingga 99% bakteri pada tangan hanya dengan beberapa tetes.

They’re everywhere these days, and chances are, you might be one of the people who always keep a handy bottle in their purse or bag. Kita seringkali menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel pada tangan dengan cepat, namun apakah kamu tahu bahwa ada fakta lain dibalik manfaat kebersihan dari penggunaan hand sanitizer?

  1. Setiap produk gel pembersih tangan mengandung alkohol sebagai bahan aktif utama untuk membunuh bakteri. Menggunkan gel satu ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan telapak tangan mudah kering karena setiap botol gel pembersih tangan mengandung lebih dari 60% konstentrasi alkohol.
  2. Hand sanitizer juga menggunakan bahan aktif triclosan yang ampuh bekerja dalam membunuh berbagai jenis kuman dan bakteri. Selain bekerja untuk membersihkan, senyawa satu ini juga meningkatkan penyerapan kandungan bisphenol-A pada kulit, yakni sejenis bahan kimia yang dapat mengganggu kinerja endokrin pada tubuh. Bahan ini juga dapat ditemukan terkandung dalam pestisida dan dinyatakan sebagai penyebab utama resisten antibiotik pada manusia.
  3. Gel satu ini ternyata terbukti sangat tidak aman jika digunakan pada anak karena kandungan bahan aktifnya yang berbahaya apabila sampai tertelan.
  4. And it’s not totally safe. Gel pembersih tangan juga mengandung senyawa Benzalkonium klorida, dimana senyawa ini dapat membahayakan perkembangan sel-sel tubuh serta menyebabkan alergi pada kebanyakan orang.

Jadi, sebaiknya gel pembersih tangan tidak digunakan secara berlebihan yah… 🙂

[Bella Setiawati]