Sumber : Sourcepicks

Devenews.com-Jakarta. Puluhan tahun yang lalu, lagu berjudul Gloomy Sunday eksis dikenal sebagai lagu paling berbahaya sepanjang masa yang dipercaya membuat banyak orang melakukan bunuh diri setelah mendengarkan lagu tersebut. Tidak heran beberapa dekade kemudian lagu ini dikenal sebagai salah satu lagu paling menyeramkan yang pernah diciptakan manusia.

Dilansir dari oddity central, diawali pada tahun 1933 ketika komposer asal Hungaria bernama Rezso Seress diputus oleh kekasihnya, ia sangat putus asa dan sakit hati hingga terinspirasi untuk membuat lagu bernada super sedih dan penuh depresi berjudul Gloomy Sunday.

Awalnya, dua produser musik menolak mempublikasikan lagu tersebut karena dianggap terlalu depresi dan menyayat hati. Namun akhirnya ketiga kalinya usaha Rezso berhasil dan Gloomy Sunday dipublikasikan ke seluruh wilayah Eropa.

Banyak orang mulai tewas tiba-tiba dan disebabkan oleh lagu tersebut. Di Berlin, seorang pria menembak kepalanya sendiri karena mengaku tidak dapat mengeluarkan irama sedih Gloomy Sunday dari kepalanya. Ia merasa alunan lagu tersebut terus terngiang-ngiang sepanjang hari di kepalanya hingga ia nekad mengakhiri hidupnya.

Di Roma, seorang anak mendengarkan pengemis menyanyikan potongan lagu Gloomy Sunday, berhenti dan menyerahkan seluruh uangnya, kemudian melompat dari jembatan terdekat.

Hanya dalam waktu satu tahun, 17 orang ditemukan tewas bunuh diri dan semuanya terkait dengan lagu Gloomy Sunday tersebut. Tidak heran lagu ini disebut sebagai lagu paling mematikan di dunia mengingat dampak negatif yang beredar karenanya.

Pada tahun 1936, lagu pembunuh itu sampai di audiens New York, dan disebut dengan The Hungarian Suicide Song. Seminggu kemudian, seorang ahli ketik melakukan bunuh diri dan khusus meninggalkan pesan ia ingin agar lagu Gloomy Sunday diputar di pemakamannya.

Dan tahun 1968, Rezso sendiri akhirnya melakukan bunuh diri. Hal ini menyebabkan lagu Gloomy Sunday tersebut dilarang untuk beredar karena dianggap membahayakan jiwa banyak orang. Lagu ini dilarang untuk disiarkan di radio maupun televisi pada jaman itu karena dianggap mendorong pendengarnya mengakhiri hidupnya. Hingga saat ini pun sulit untuk menemukan rekaman asli Gloomy Sunday yang masih tersisa.

Hiii…Menyeramkan sekali lagu tersebut…[][Donna]]