Suplemen Vitamin
Pexels.Com

DeveNews.Com – Jakarta. Kita seringkali mengkonsumsi suplemen vitamin untuk memenuhi kebutuhan tubuh sehari-hari. Namun nyatanya, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin tertentu juga turut dapat membahayakan kesehatan tubuh. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network Open menyatakan bahwa konsumsi vitamin B6 dan B12 secara berlebihan dapat meningkatkan resiko patah tulang pinggul hingga 50%.

Tim melakukan analisa terhadap 75.864 data dari wanita yang sudah menginjak atau memasuki masa menopause selama 20 tahun. Tim juga turut menganalisa berat badan, gaya hidup dan jenis suplemen apa saja yang dikonsumsi partisipan setiap harinya. Selama studi berlangsung, lebih dari 2.300 kasus patah pinggul terjadi tanpa sebab ekstrim seperti terjatuh, kecelakaan dan lain sebagainya.

Partisipan wanita yang mengalami patah atau pengeroposan dini pada pinggul ternyata mengkonsumsi vitamin B yang cukup banyak dalam bentuk suplemen setiap harinya. Tim peneliti percaya bahwa efek samping dari konsumsi suplemen vitamin B6 menjadi penyebab utama kerusakan pada tulang pinggul. “Mengkonsumsi vitamin ini dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan gangguan pada saraf seperti ataxia hingga melemahkan kemampuan otot tubuh,” jelas salah satu peneliti.Selain itu, kandungan vitamin B6 yang terlalu banyak dalam tubuh juga dapat mempercepat pengeroposan tulang akibat terjadinya   produksi hormon estrogen pada reseptor steroid.

[Bella Setiawati]