Sumber : CNN

DeveNews.com-Swedia.  Mencari destinasi liburan lain daripada yang lain, hotel ArcticBath di Swedia dapat menjadi pilihan tepat. Hotel ini benar-benar dibangun mengambang di sungai Lule, dan terletak di tengah hutan.

Selain lokasi bangunan yang luar biasa unik, ArcticBath juga memiliki desain yang tidak kalah fantastis. Hanya memiliki satu lantai, bagian luar bangunan dihias dengan dekor menyerupai batang pepohonan yang disusun seperti puntung rokok raksasa.

Dilansir dari CNN,hotel unik ini merupakan ide kreatif dari pengusaha hotel Britta dan Kent Lindvall. Sebelum mendirikan ArcticBath, keduanya pernah menelurkan ide Treehotel atau hutan pohon yang tidak kalah populer diminati oleh pecinta alam.

Arsitek ArcticBath, Bertil Harstrom, mengatakan bahwa ide pembuatan hotel unik berasal dari pengalaman masa kecilnya selama di Swedia. Hal ini terutama berpengaruh terhadap desain artistik bangunan tersebut.

“Tidak perlu mengikuti bentuk yang sudah ada dan familiar di tempat lain, hal tersebut tidaklah menarik. Hal yang menarik adalah sesuatu yang berasal dari sejarah dan latar belakang kita,” ujar Bertil.

Menurut Bertil, ide desain ArcticBath berasal dari tradisi log-shipping atau perahu yang terbuat dari batang pohon. Hingga pertengahan abad ke-20, penduduk Swedia banyak menggunakan transportasi perahu pohon ini untuk menyusuri sungai. Bentuk batang pohon yang tidak ideal terkadang membuatnya terjepit di sela-sela bebatuan.

Hanya memiliki satu lantai, ada 6 kamar yang tersedia di ArcticBath. Selain kamar hotel, terdapat fasilitas eksklusif berupa sauna, kolam air dingin, ruang spa, restoran, bar, hingga pemandian terbuka. Nuansa alami berupa dekorasi dari kayu-kayuan sangat terasa kental saat memasuki hotel ini.

“Jika melihat bentuk hotel ini dari kejauhan, Anda pasti tidak akan menyangka bahwa bangunan ini adalah hotel. Bisa dibilang bahwa hotel ini adalah hotel introvert, berbeda dengan hotel-hotel komersil lain yang dilengkapi papan nama raksasa dan lampu-lampu gemerlapan.

Namun jika Anda ingin melihat keunikan hotel mengambang ini, sebaiknya datang saat musim panas. Karena saat musim dingin air sungai akan membeku total sehingga hotel ini nampak seperti memiliki pondasi bangunan.

Menurut manajemen ArcticBath, hotel ini baru akan beroperasi sekitar pertengahan 2018 mendatang.  [][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya