Posisi Ibu Hamil
megatest.vn

DeveNews.Com-Jakarta. Ibu hamil harus menghindari posisi tidur dengan bagian punggung di belakang. Peringatan ini merupakan hasil dari salah satu studi terbaru yang dinyatakan dapat menyebabkan bayi lahir prematur dan cacat.

National Health Service yang berlokasi di Inggris menyatakan bahwa studi ini dilakukan untuk mengetahui faktor akibat banyaknya kasus bayi lahir prematur di negara tersebut. Penemuan ini sendiri di dapat tim peneliti dari analisa data yang dikumpulkan tidak hanya dari Inggris, tapi juga New Zealand, Australia dan Amerika.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Elinical Medicine ini melibatkan 851 ibu yang pernah mengalami kelahiran prematur dan 2.257 wanita yang sedang hamil. Hasil yang ditemukan adalah berbaring dengan punggung menghadap belakang pada minggu ke 28 kehamilan dapat meningkatkan resiko keguguran dan kelahiran prematur hingga tiga kali lipat.

“Dalam masa kehamilan, terlebih ketika memasuki usia diatas 28 minggu, lebih aman bagi ibu hamil untuk tidur menghadap kesamping dibanding tidur lurus dengan bertumpu pada punggung belakang. A woman who wakes up on her back shouldn’t worry, but should settle to sleep again her side.”” jelas salah satu perwakilan NHS.

NHS juga menyarankan agar tips ini juga diterapkan tidak hanya pada waktu tidur saja, namun juga ketika sedang beristirahat sejenak di siang hari. Tomasina Stacey selaku pemimpin penelitian dari University of Huddersfield menyatakan bahwa studi kali ini menemukan fakta bahwa posisi tidur menjadi faktor utama penyebab kelahiran prematur di New Zealand akibat berat rahim yan menekan aliran pembuluh darah pada janin. “Kami mencoba untuk mencari berbagai faktor dan ternyata, posisi tidur menjadi penyebab utama hal ini dapat terjadi,” jelasnya.

[Bella Setiawati]