resiko eksim dan asma
istockphoto.com

DeveNews.Com – Jakarta. Menambahkan ikan dalam menu makanan anak ternyata dapat menurunkan resiko gangguan kesehatan tertentu. Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa anak-anak disarankan untuk mengkonsumsi ikan sejak dini untuk memperoleh banyak manfaat kesehatan di masa depan. Tim peneliti yang berasal dari Norwegian University of Science and Technology menemukan fakta bahwa konsumsi segala jenis ikan minimal pada usia satu tahun dapat menurunkan resiko Asma dan eksim pada anak.

Tim melakukan analisa darah terhadap lebih dari 4.000 keluarga yang berpartisipasi dala survey alergi berjudul Prevention of Allergy among Children yang dilakukan di Trondheim. Tim mempelajari jumlah ikan yang dikonsumsi baik oleh ibu mengandung dan anak yang lahir pada tahun 2000-an. Selain itu, tim juga meneliti penyebab munculnya Asma dan eksim pada anak.

“Kami melakukan perbandingan pada anak yang mengkonsumsi ikan setidaknya sekali dalam seminggu dengan anak-anak yang tidak. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi ikan kaya akan lemak baik atau fatty acid pada awal pertumbuhan anak dapat menurunkan resiko eksim dan asma hingga 40%. Anak-anak yang mengkonsumsi ikan secara rutin sejak usia satu tahun akan mengalami peningkatan kesehatan yang signifikan menjelang usia enam tahun,” jelas Torbjom Oien selaku peneliti dari NTNU Department of Public Health and Nursing.  Torbjom juga menambahkan bahwa ibu hamil atau menyusui yang rutin mengkonsumsi daging dan minyak ikan juga dapat memberikan efek proteksi yang sama pada anak di kemudian hari.

[Bella Setiawati]