Ingin Rambut Sehat? Teh Hijau Adalah Kuncinya!
gstatic.com

DeveNews.Com-Jakarta. Teh hijau menjadi minuman yang sangat digemari kini karena tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Tidak hanya digunakan untuk memperbaiki tekstur dan kondisi kulit, manfaat teh hijau sebagai bahan alami juga memiliki potensi untuk memperbaiki serta merawat rambut kita loh.

Antioksidan yang ada dalam teh hijau dihasilkan oleh tingginya kandungan komponen flavonoid yang dikenal sebagai catechins. Senyawa catechins tertinggi dimiliki oleh teh hijau, dimana senyawa satu ini membawa berbagai manfaat kesehatan, mulai dari mencegah perkembangan sel-sel kanker hingga mengurangi resiko serangan jantung.

Inilah alasan mengapa ekstrak teh hijau banyak ditemukan terkandung di berbagai macam produk sehari-hari, salah satunya shampo dan kondisioner. Teh hijau terbukti ampuh untuk mencegah kerontokan rambut serta menjaga kondisi rambut agar tetap sehat dan berkilau. Sebuah penelitian menganalisa partisipan yang menderita kondisi androgenetik alopecia, yakni kondisi dimana rambut rontok sejak usia muda akibat kelainan genetik.  Kondisi ini umumnya terjadi pada 50% kaum pria dan 25% wanita pada usia diatas 50 tahun.

Siklus pertumbuhan rambut sendiri dibagi menjadi tiga, yakni fase pertumbuhan, fase transisi hingga akhirnya rambut rontok. Selama fase pertumbuhan rambut, hormon testosteron dan dihydrotestosteron dapat mengalami ketidakseimbangan sehingga rambut rontok lebih cepat.

Sebuah studi kecil yang dilakukan terhadap 10 pasien androgenetik alopecia menyatakan bahwa kandungan dalam teh hijau dapat membantu pertumbuhan rambut mereka yang telah rontok. Tim peneliti memberikan asupan Forti5 pada tiap partisipan, yakni asupan vitamin yang tinggi akan ekstrak teh hijau, lemak baik, vitamin D, melatonin dan isoflavon.

Partisipan mengkonsumsi ekstrak tersebut selama 6 bulan, setelahnya hampir 33% dari partisipan mengalami pertumbuhan rambut yang signifikan. Selain nutrisi dari teh hijau, faktor lainnya seperti aliran darah dan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh berperan penting dalam menentukan apakah rambut kita dapat tumbuh dengan sehat dan kuat, begitu juga dengan pertumbuhan kuku kaki dan tangan.

Sebuah studi lainnya menemukan fakta bahwa konsumsi teh hijau dengan rutin dapat meningkatkan kemampuan darah untuk membawa oksigen dengan lebih maksimal ke seluruh tubuh hingga 29%. . Based on the available information, go ahead and try your luck the next time you find EGCG on the label of a conditioner or shampoo. 

[Bella Setiawati]