makanan dan minuman dapat mempengaruhi mood kita.
wp.com

DeveNews.Com-Jakarta. Faktanya, makanan dan minuman dapat mempengaruhi mood kita. Makan makanan kesukaan kita bisa jadi cara untuk memperbaiki mood, tapi gagal makan tepat waktu karena satu dan lain hal dapat menyebabkan mood memburuk sepanjang hari atau yang biasa dikenal sebagai perasaan hangry. Mengapa demikian?

Makanan ternyata dapat membawa dampak pada neurotransmitter otak kita, dimana jaringan satu ini memproduksi senyawa penting yang berhubungan dengan emosi dan perasaan seseorang. Contohnya, neurotransmitter yang memproduksi serotonin dapat membantu kita merasa rileks, begitu juga dengan dopamine yang membuat kita menjadi fokus.

Apa yang kita makan memiliki peran penting bagi produksi serta peran dari senyawa-senyawa tersebut. Makanan yang kita makan dapat memberikan keseimbangan maupun gangguan pada otak kita, dimana keduanya dapat berpengaruh secara signifikan pada mood kita sepanjang hari. Lalu makanan dan minuman apa saja yang ternyata dapat menyebabkan kita merasa badmood seharian?

  1. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula atau pemanis buatan memang terlihat menggugah dan memiliki rasa manis yang nikmat, namun tahukan kamu bahwa mengkonsumi makanan tinggi gula dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan depresi dan mood swing yang parah pada seseorang? Selain itu, tingginya kandungan gula dalam tubuh seseorang juga dapat menyebabkan seseorang rentan terkena stress dan sulit merasa rileks.

  1. Alkohol

Setelah capek bekerja, pastinya kita seringkali merayakan akhir pekan dengan berpesta. Sayangnya, segelas botol alkohol seperti wine atau bir dapat memaksa otak untuk memproduksi hormon stress lebih banyak. Selain itu, senyawa serotonin juga akan semakin minim diproduksi, and it will give you a bad mood.

  1. Makanan cepat saji

Kita semua tahun bahwa makanan cepat saji membawa banyak dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah pada mood kita. Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan cepat saji dapat meningkatkan resiko depresi, agresif dan gangguan mental lainnya pada seseorang hingga berkali-kali lipat.

  1. Mentega

Mentega atau margarin dan produk dengan kandungan tinggi margarin lainnya dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh serta meningkatkan produksi omega 6 secara berlebihan. Produksi omega 6 yang berlebih dapat mengurangi omega 3 pada tubuh serta memblok tubuh untuk memproduksi hormon anti stress.

  1. Kopi

Mengkonsumsi terlalu banyak kafein di siang hari dapat menyebabkan kondisi overdosis kafein, dimana tubuh tidak lagi dapat memproduksi senyawa neorutransmitter baik dengan maksimal. Resiko depresi dan stress pun akan semakin tinggi, sehingga mood kita memburuk.

[Bella Setiawati]