Olahraga Ibu Hamil
bupa.co.uk

DeveNews.Com – Jakarta.  Olahraga Yang Patut Diwaspadai Saat Hamil ! Banyak perubahan pada tubuh yang dirasakan oleh wanita selama masa kehamilan. Kini, banyak olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga tubuh tetap prima dan sehat. Selain itu, melakukan aktivitas olahraga selama hamil juga dapat membantu perkembangan janin menjadi lebih baik. Walaupun begitu, banyak hal yang harus diperhatikan dalam olahraga khususnya jika dilakukan oleh ibu hamil seperti intensitas waktu dan jenis olahraga yang dilakukan. Tidak sedikit juga lho olahraga yang dianggap aman ternyata dapat menyakiti janin. To help avoid any risk, here are the common exercises to avoid during pregnancy !

  1. Yoga

Hindari melakukan posisi-posisi sulit saat melakukan olahraga satu ini. Hindari pula latihan yang mengharuskan ibu menahan napas, karena hal ini akan memberi banyak tekanan buruk pada janin.

  1. Olahraga Fisik

Olahraga yang memerlukan banyak kontak fisik seperti basket dapat meningkatkan resiko janin mengalami trauma abdominal, kelelahan dan tegang pada otot hingga terjatuh.

  1. Mengangkat Beban

Olahraga yang melibatkan aktivitas angkat beban dapat berbahaya bagi ibu hamil karena meningkatnya resiko akan gangguan pada kardiovaskular akibat kontraksi otot yang berlebihan.

  1. Menyelam dan Scuba Diving

Menantang namun sangat beresiko bagi janin. Tekanan bawah air yang cukup besar dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi sekaligus penyakit dekompresi janin (janin sulit bernafas).

  1. Olahraga di Ketinggian

Segala jenis olahraga yang dilakukan di ketinggian harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan resiko timbulnya altitude sickness (takut ketinggian). Kondisi ini dapat membuat ibu dan janin mudah mengalami trauma dan stress akibat berkurangnya aliran oksigen dalam tubuh.

Olahraga saat hamil tetaplah penting. Lakukan olahraga yang disarankan aman selama kehamilan dan memiliki resiko minim untuk terjatuh, terluka dan dapat memperlancar sirkulasi darah dan oksigen pada janin seperti bersepeda dan berenang.

[Bella Setiawati]