Mengapa Air Keran Tak Dapat Diminum
utilitymagazine.com.au

DeveNews.Com-Jakarta. Faktanya, 100.000 kasus kanker yang terjadi di dunia disebabkan oleh air keran yang mengandung senyawa karsinogen.Ini beberapa alasan Mengapa Air Keran Tak Boleh Diminum. Sebuah studi yang diterbitkan oleh lembaga non-profit Environmental Working Group atau EWG menyatakan bahwa air keran kini rentan terekspos senyawa berbahaya seperti atrazine, arsenik hingga fluoride. Beberapa senyawa ini bersifat karsinogenik, yakni dapat memicu pertumbuhan sel kanker dengan cepat pada seseorang. Ini beberapa alasan Mengapa Air Keran Tak Boleh Diminum.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Heliyon menyatakan bahwa alasan air keran tidak dianjurkan untuk diminum langsung adalah karena air tersebut sangat mudah terkontaminasi. “Sayangnya, penelitian kami menunjukkan bahwa sedikit saja kandungan senyawa tersebut yang ada dalam air keran masuk ke dalam tubuh, maka akan sangat beresiko mengancam kesehatan seseorang terutama dalam jangka panjang,” jelas Olga Naidenko selaku presiden dari EWG.

105.887 kasus kanker yang terjadi di Amerika diakibatkan oleh kontaminasi air keran, dan hal tersebut sudah berlangsung dalam kurun waktu 70 tahun. “Kemarau dan kekeringan menyebabkan air bersih sangat sulit didapat. Semakin dalam kita menggunakan atau memompa air tanah, maka semakin besar pula kemungkinan air tersebut sudah terpapar zat-zat bersifat karsinogenik dan radioaktif.

Studi juga menemukan fakta bahwa arsenik menjadi zat kontaminasi yang paling banyak ditemukan dalam air keran. Selain itu, elemen radioaktif seperti uranium dan radium dan produk desinfektan juga ditemukan pada air keran.

Mengapa Air keran tak dapat diminum? Demi kesehatan, sebaiknya make sure  bahwa air keran tersebut bisa diminum. Karena di beberapa negara memiliki air keran yang dapat dijadikan air minum.

[Bella Setiawati]