Cara Cegah Batu Ginjal
independent.co.uk

DeveNews.Com – Jakarta. Materil sisa atau sampah dalam tubuh yang menumpuk dan tidak dapat terbuang dengan sempurna akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Terbentuk dari endapan mineral dan garam, batu ginjal terjadi karena ketidak-mampuan tubuh untuk memecah senyawa tersebut. Batu ginjal kecil pada dasarnya umum terjadi pada banyak orang, namun ketika endapan batu tersebut membesar maka akan menimbulkan rasa sakit hingga berdarah saat buang air kecil, sehingga memang perlu mengetahui cara cegah batu ginjal sebelum semakin parah. Jika ukuran batu sudah besar, maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan prosedur operasi.

80% batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat. Terdapat 3 tipe batu ginjal lainnya, yakni struvite, asam urat dan sistin. Batu ginjal sendiri dialami oleh setidaknya 12% kaum pria dan 5% wanita di dunia setidaknya sekali seumur hidup. Dilansir dari laman medicaldialy.com, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat kita lakukan sehari-hari untuk menghindari penyakit satu ini lho!

  1. Banyak konsumsi air putih

Air putih ternyata dapat membantu mencegah terbentuknya batu ginjal lho! Air putih dapat membantu melarutkan senyawa pada urin dan mencegah terjadinya proses kristalisasi. Selain air putih, mengkonsumsi jenis cairan lainnya seperti kopi, teh dan anggur ternyata turut membawa dampak yang sama. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah kuncinya. Kita juga harus menghindari konsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi karena fruktosa dapat meningkatkan produksi kalsium, oksalat serta asam yang dapat meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

  1. Konsumsi kandungan asam sitrat

Asam sitrat adalah komponen yang dapat diperoleh dari konsumsi buah-buahan seperti jeruk, lemon dan anggur. Asam sitrat dapat memecah kalsium dengan lebih cepat pada urinĀ  sehingga mencegah pembentukan batu ginjal. Selain itu, asam sitrat juga mencegah pembesaran pada kristal oksalat.

  1. Konsumsi kalsium secara cukup

Mengurangi asupan kalsium tidak serta merta otomatis menurunkan resiko batu ginjal. Justru, diet kaya kalsium lah yang baik untuk dilakukan dalam mencegah penyakit satu ini. Diet tinggi kalsium dapat mencegah terjadinya proses oksalat / kristalisasi dan memperlancar sistem urin.

  1. Kurangi konsumsi garam, protein hewani dan vitamin C

Konsumsi sodium yang tinggi dapat mempersulit pemecahan kalsium dalam sistem urin. Membatasi konsumsi makanan tinggi sodium adalah salah satu langkah awal untuk mencegah batu ginjal. Beberapa studi juga menyatakan bahwa protein hewani dan vitamin C yang dikonsumsi dalam bentuk suplemenĀ  dapat meningkatkan resiko batu ginjal, terutama pada pria.

[Bella Setiawati]