Manfaat Buah Kiwi
ndtvimg.com

DeveNews.Com-Jakarta. Kiwi adalah buah eksotik yang berasal dari negeri Kangguru, Australia. Buah satu ini memiliki manfaat segudang nutrisi dan fitokimia yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh jangka panjang. Dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut beberapa manfaat baik yang bisa kamu dapatkan dari buah kiwi jika rutin dikonsumsi !

  1. Kaya nutrisi

Kiwi hanya mengandung kalori sebesar 61 gram, dengan total asupan karbohidrat 15gram, serat 3 gram, gula 9 gram dan protein 1,2 gram. Selain itu, buah satu ini juga kaya akan vitamin C, kalsium, zat besi, vitamin B-6, magnesium, potassium, vitamin K, E, mangan hingga asam folat.

  1. Menjaga tekanan darah

Makanan dengan kandungan garam yang dikonsumsi setiap harinya dapat membuat level tekanan darah kita terganggu dan menjadi tidak stabil. Terlebih jika tubuh tidak mendapat asupan potassium sehingga menimbulkan tekanan tinggi pada level elektrolit dan darah. Kiwi kaya akan potassium yang dapat menjaga level tekanan darah selalu stabil, sekaligus menjaga kesehatan jantung.

  1. Menjaga sistem imun tubuh

Satu buah kiwi mengandung 100gram vitamin C yang dapat memenuhi hingga 150% dari kebutuhan tubuhmu sehari-hari, sehingga sistem imun dapat selalu terjaga.

  1. Mengontrol level gula darah

Mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dapat menjadi masalah terutama bagi mereka yang menderita diabetes karena dapat memicu naiknya level insulin dengan cepat. Kiwi kaya akan karbohidrat baik dengan indeks glikemik rendah. Selain itu, buah satu ini juga kaya akan serat yang dapat memperlambat masuknya gula ke dalam aliran darah.  It’s also a healthier choice for those who experience sweet cravings from time to time.

  1. Menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh

Normal atau tidaknya pH pada seseorang tergantung pada zona alkaline dalam tubuh. Sayangnya, banyak bagian dari tubuh kita yang memilik tingkat asam tinggi akibat dari makanan atau gaya hidup sehari-hari. Jika dibiarkan maka asam di dalam tubuh dapat menyebabkan kanker hingga penuaan dini. Kabar baiknya, kiwi dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh sekaligus menjadi agen anti kanker.

  1. Meningkatkan fungsi ginjal

Ginjal berfungsi untuk memisahkan racun dan kotoran dalam darah sebelum dialirkan ke seluruh tubuh. Semakin bertambah usia, maka efektifitas kerja ginjal akan menurun, bahkan resiko seperti batu ginjal tidak dapat dihindari. Kiwi kaya akan potassium yang dapat mencegah adanya pembentukan batu ginjal dan menjaga kesehatan ginjal jangka panjang.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Serotonin adalah neurotransmitter yang bertanggung jawab dalam hal kualitas tidur seseorang. Selain itu, level serotonin yang tinggi dapat turut memperbaiki mood seseorang dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Kiwi dapat membantu meningkatkan level serotonin tersebut sekaligus memastikan kamu selalu dalam mood baik dan tidur yang berkualitas.

[Bella Setiawati]