Sumber : everydayhealth

Devenews.com-AS. Diabetes di jaman sekarang sudah menjadi momok mengerikan yang bisa menyerang siapa saja. Bukan hanya pola makan, gaya hidup Anda sehari-hari juga berpotensi sebabkan diabetes. Dilansir dari everydayhealth,  Berikut kebiasaan buruk yang rentan sebabkan diabetes melonjak :

 Ini Dia Pemicu Utama Diabetes!

1. Tidak sarapan pagi

Menunda sarapan pagi atau bahkan tidak sarapan pagi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan rasa lapar yang luar biasa pada siang hari. Akibatnya ketika makan siang tiba maka Anda pun akan melipatgandakan porsi makan siang dari biasanya. Nah di sinilah awal dari masalah diabetes. Tubuh akan berusaha memproduksi insulin untuk menstabilkan gula darah. Jika kebiasaan ini terjadi terus menerus maka dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan naiknya kadar gula darah.

2. Kurang Berolahraga dan Aktivitas Fisik Lainnya

Kurangnya berolahraga dan aktivitas fisik seperti naik tangga dan jalan kaki dapat menyebabkan menumpuknya kadar gula darah. Padahal dengan adanya aktivitas fisik dan berolahraga maka tubuh akan membakar kadar gula darah menjadi energi sehingga kadar gula darah akan kembali normal.

3. Begadang

Secara tidak langsung begadang juga dapat meningkatkan resiko diabetes. Begadang di malam hari akan mengakibatkan tubuh kurang istirahat sehingga terjadi melemahnya kemampuan tubuh dalam memproses glukosa. Selain itu begadang dapat memicu hormon dalam darah untuk mendorong nafsu makan sehingga orang yang begadang cenderung akan mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Pada akhirnya gejala diabetes pun tak dapat dihindari karena melonjaknya kadar gula darah di atas normal. Jika Anda terpaksa begadang dan merasa lapar di malam hari, ganjal dengan camilan sehat seperti buah-buahan.

4. Hobi Makan Makanan Manis

Kebiasaan satu ini biasanya muncul saat ngemil. Berbagai macam biskuit hingga kue habis dilahap tanpa memikirkan jumlah kalori dan kandungan gula yang ada di dalamnya. Banyaknya makanan ringan olahan saat ini yang dijual di pasaran mengandung gula dan lemak yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Selain membuat berat badan melonjak, bahaya diabetes juga mengancam jika kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

Jaga pola makan dari sedini mungkin agar kita tak beresiko kena Diabetes.

Baca juga: Kisah Petualangan Bocah Pemberani dan Si Pemburu Monster di Laut “The Sea Beast”

[Donna F]