Manfaat Kesehatan Ketika Menangis
Pexels.Com

DeveNews.Com – Jakarta. Menangis adalah salah satu bentuk pelepasan stress ke ikatan emosional. Maka perlu diketahui tentang manfaat kesehatan ketika menangis. Ternyata ada 3 jenis airmata. Yang pertama adalah air mata basal atau air mata yang ada terus menerus untuk menjaga mata kita dari dehidrasi. Air mata yang kedua adalah air mata reflex yang biasanya akan sangat mudah terprovokasi seperti saat memotong bawang atau debu yang masuk atau saat merias mata. Dan jenis ke-3 adalah air mata yang berhubungan dengan psikis atau emosional.

Air mata jenis ke-3 ini lah yang kerap dekat dengan kita karena kerap terjadi sebagai respon saat marah, sedih atau bahagia. Air Mata Emosional adalah yang terlihat jelas secara fisik di mana kita semua menunjukkan dan memproses emosi baik saat bahagia maupun sedih.

Komposisi jenis air mata sendiri berbeda-beda. Untuk air mata reflex terdiri dari komposisi yang hampir semuanya air. Sedangkan air mata emosional sebenarnya mengandung hormon-hormon tertentu yang di keluarkan dari dalam tubuh pada saat stress untuk memulihkan keseimbangan. Oleh karena itu saat menangis ada beban perasaan yang terangkat dari pundak Anda.

Berikut pemaparan para ahli mengenai manfaat kesehatan dari menangis.

  1. Menangis Membantu Melepaskan Hormon Stress Dari Dalam Tubuh

Ketika air mata yang dikeluarkan adalah air mata emosional, secara harfiah manusia mengeluarkan hormon stress dan racun lain dari dalam tubuh yang membuat perasaan lebih bebas dan tenang. Bahkan para ilmuwan menemukan bahwa air mata emosional mengandung hormon dan protein yang tidak ada di kedua jenis air mata lainnya.

Menurut Judith Orloff.MD assistant clinical professor of psychiatry at UCLA, bahwa setelah menangis biasanya pernapasan dan detak jantung akan lebih tenang yang membuat manusia pun memasuki keadaan biologis dan emosional yang lebih tenang. Ini termasuk manfaat kesehatan ketika menangis yang cukup membantu untuk melepas stress.

  1. Menangis Membantu Memproses Emosi

Ketika menangis karena marah, itu adalah salah satu cara tubuh memproses dan melepaskan emosi. Saat Anda tidak ingin emosi kuat menumpuk dalam tubuh, seperti emosi marah, depresi, atau sedih, maka tangisanlah yang membantu Anda menyembuhkan dan memproses emosi tersebut. Selain detoksifikasi fisik , air mata emosional juga dapat menyembuhkan hati.

  1. Menangis Melepaskan Hormon Endorfin Dalam Tubuh

Pada saat hormon-hormon stress dikeluarkan dari tubuh , pada saat yang sama pula hormon perasaan baik di lepaskan di dalam tubuh. Ini disebut oksitosin yang dikenal sebagai hormon cinta, yang membantu kita merasa terhubung dengan orang lain. Manfaat kesehatan saat menangis ternyata memang tidak begitu buruk.

Menurut Ashley Brissette seorang dokter spesialis mata yang berbasis di New York, setelah beberapa saat menangis, hormon endorfin yang disebut hormon kebahagiaan juga distimulasi dan dilepaskan di dalam tubuh.

  1. Menangis Membantu Kita Menjalin Ikatan Dengan Orang Lain

Jika Anda berpikir menangis membuat orang lain makin menjauh, sebaliknya, para ahli mengatakan fungsi menangis adalah untuk membuat kita merasa lebih dekat. Menurut Brisette, menangis dapat membantu kita untuk mengikat secara interpersonal dan bertindak sebagai cara untuk berkomunikasi non verbal dengan orang lain.

Di antara semua teori tentang mengapa manusia menangis, hal yang menajdi alasan yang paling bisa diterima adalah karena itu adalah cara meningkatkan kemampuan kita dalam berkomunikasi di tingkat yang lebih tinggi. Ini membantu kita mengkomunikasikan keinginan akan bantuan , koneksi , atau berbagi dengan orang lain dalam sebuah momen kesedihan atau pun momen kebahagiaan.

 

[Lizzie]