DeveNews.com-Jakarta. Keberadaan sebuah aquarium didalam rumah,  ternyata selain memberikan kesan indah nan cantik dalam ruangan, hal lain yang juga dapat dirasakan adalah faktor psikologis.  Dimana menurut sejumlah penelitian, memperhatikan gerakan ikan dalam akuarium ternyata mampu menurunkan kadar stres.

Agar aquarium selalu enak dipandang,  jelas yang menjadi perhatian utama adalah menjaga agar air aquarium tetap jernih dan bersih. Caranya,  jelas Anda harus memperhatikan semua atribut dari aquarium selalu bersih. Terutama mesin filter dan juga pompa oksigen yang harus bersih dari kotoran.

Namun kendalanya adalah terkadang kita kerap menunda-nunda untuk membersihkan aquarium. Selain masalah waktu, membersihkan aquarium cukup sulit,  terlebih jika aksesoris aquarium yang berbagai aneka jenis.

Berikut ini Devenews ingin berbagi tips mudah guna membersihkan aquarium rumah.

1. Sisakan 1/4 Air Aquarium

Ketika hendak mengganti air akuarium, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu mengganti air seluruhnya karena jika diganti seluruhnya dengan yang baru justru berisiko mengganggu kesehatan ikan. Perubahan volume air yang drastis berpotensi memicu stres pada ikan sehingga bisa mengakibatkan kematian.

Anda hanya perlu mengganti 15 persen air satu kali dalam sebulan. Apabila sudah lama dan ada ikan yang sakit, maka sebaiknya mengganti 25-50 persen air.

2. Jangan Kuras Aquarium

Bila terdapat lumut di kaca akuarium, Anda tetap bisa membersihkannya tanpa harus mengosongkan akuarium.  Gunakan alat magnet pembersih akuarium yang bisa didapatkan di toko ikan. Sebelum membersihkannya, pastikan tidak ada pasir pada magnet pembersih akuarium agar tidak menggores kaca akuarium.

Anda bisa menempelkan dua magnet, bagian pembersih di sisi dalam dan satu lagi di sisi luar kaca untuk menarik bagian pembersih. Hindari menggerakan alat tersebut terlalu dekat dengan dasar akuarium agar tidak kemasukan pasir.

3. Bersihkan Kerak Kaca

Bila terdapat kerak pada kaca akuarium, Anda harus mengosongkan akuarium terlebih dahulu. Gunakan bahan dapur untuk mengikis kerak yang biasanya terbentuk di atas permukaan air. Belah jeruk nipis menjadi dua lalu taburi bagian dalamnya dengan bubuk soda kue. Gosokkan dan diamkan beberapa saat.

4. Gunakan Sarung Tangan

Untuk melakukan pekerjaan pembersihan Anda sebaiknya menggunakan sarung tangan karet. Namun pastikan sarung tangan tersebut tidak mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan ikan. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan spons atau alat penggosok yang biasa digunakan di dapur karena kemungkinan terdapat sisa cairan pencuci piring atau deterjen.

5. Bersihkan Semua Aksesoris Aquarium

Aksesoris yang terdapat di dalam akuarium juga perlu dibersihkan. Anda bisa membersihkannya menggunakan algae pad yang biasanya dijual di toko pembersih akuarium atau hewan peliharaan, atau sebuah sikat gigi baru. Hindari penggunaan sabun karena bisa membahayakan kondisi ikan.

6. Bersihkan Filter dan Pompa Air

Filter karbon yang berada di dalam saringan air bisa membahayakan kesehatan ikan bila tidak diganti atau dibersihkan. Setidaknya bersihkan setiap satu minggu sekali dan ganti saringan baru setidaknya satu bulan sekali.[[indira]]