Cara Mengatasi Sakit Perut
thebestwinesfromitaly.files.wordpress.com

DeveNews.Com – Jakarta. Sakit perut namun tidak ada waktu ke dokter? Tenang, kini banyak bahan alami yang ternyata terbukti ampuh sebagai cara mengatasi sakit perut dibanding obat-obatan lho. Dan bahan-bahan makanan ini bisa kamu peroleh dengan mudah.

Dilansir dari medicaldialy.com, berikut kelima bahan alami yang dapat bantu atasi rasa tidak nyaman pada perut!

  1. Air putih

Tubuh yang terhidrasi dengan baik adalah kunci utama pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Meminum banyak air putih dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih cepat dari makana yang kita konsumsi. Menurut studi dari Health and Medicine Division, wanita dewasa setidaknya perlu meminum 2.7 liter air putih per harinya, sedangkan pria butuh 3.7 liter air. Secara umum, 8 gelas air putih adalah ukuran ideal untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Jika perut terasa tidak nyaman hingga menimbulkan diare atau muntah, maka air putih adalah hal pertama yang harus kamu minum agar tubuh terasa lebih baik.

  1. Jeruk nipis dan air

Campuran perasan jeruk nipis dengan air dapat meredakan asam lambung pada pencernaan. Asam yang terkandung dalam air jeruk nipis dapat membantu pemecahan lemak dengan lebih cepat, sekaligus menetralisir asam di dalam saluran pencernaan kita. Selain itu, campuran air ini juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan usus dan liver.

  1. Daun semanggi

Ketika perut terasa tidak nyaman, maka meminum air rebusan daun semanggi yang dicampur dengan satu sendok madu dapat menjadi cara mengatasi sakit perut. Daun semanggi mengandung senyawa yang dapat mempercepat ekskresi lambung serta mengurangi gas perut. Selain itu, daun semanggi dapat mengurangi rasa kram dan ingin muntah.

  1. Jahe

Jahe mengandung gingerols dan shogaols yang dapat menyembuhkan kontraksi pada saluran pencernaan. Komponen ini dapat mempercepat proses pencernaan makanan pada usus sehingga rasa tidak nyaman pada perut dapat berkurang. Jahe juga dapat mengurangi rasa ingin muntah serta mencegah diare, so if you’re suffering from an upset stomach, try drinking ginger as tea or add it to your food.

  1. Pisang dan Apel

Kedua buah ini sangat direkomendasikan oleh para ahli kesehatan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang mengalami diare atau muntah-muntah. Ini menjadi salah satu cara untuk mengatasi sakit perut dengan mengkonsumsi buah. Pisang dan apel mengandung senyawa alami yang dapat membantu meredakan iritasi pada saluran pencernaan. Selain itu, kedua buah ini termasuk dalam kategori mudah dicerna oleh perut karena mengandung potassium dan magnesium.

[Bella Setiawati]