Tanaman Obat Di Tanam Sendiri
Ilustrasi - Pexels.com

DeveNews.Com- Saat ini kesehatan menjadi sangat penting termasuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi jamu herbal. Buat Anda yang ingin selalu sedia di rumah, berikut tanaman obat ditanam sendiri yang bisa dicoba,seperti Kelor, Kunyit hingga Temulawak.

Di masa pandemi seperti sekarang ini asupan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh menjadi salah satu kebutuhan yang patut diprioritaskan. Dan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh bisa didapatkan dari tanaman obat yang ditanam sendiri. Berikut beberapa tanaman obat di tanam sendiri .

  1. Kelor

Daun Kelor mengandung banyak sekali nutrisi penting dan juga senyawa efektif yang bermanfaat sekali untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga untuk mencegah infeksi. Kandungan tersebut antara lain antrakuinon, vitamin C dan flavonoid. Cara menanam Kelor ini sangat mudah. Berikut cara menanam kelor sebagai salah satu tanaman obat di tanam sendiri:

  •  Pertama persiapkan stek batang kelor yang hendak Anda tanam. Stek ini bisa Anda dapatkan dengan cara memotong batang kelor yang sudah cukup tua yang berukuran sedang dengan panjang sekitar 20 cm;
  •  Selanjutnya persiapkan media untuk menanam, Anda bisa menanamnya langsung ke media tanah atau ke media di dalam polybag atau pot;
  •  Selanjutnya Anda tinggal menanam bibit Kelor yang telah disiapkan pada media tanam;
  •  Perawatan tanaman Kelor ini juga sangat mudah, asalkan rajin disiram dalam beberapa minggu daun kelor sudah bisa dipanen.

2. Kunyit

Minuman dengan kandungan kunyit banyak dijual dimana-mana. Tetapi akan lebih baik jika Anda pun juga bisa mencoba menanamnya sendiri dipekarangan rumah Anda. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya kapan saja.

Kunyit memiliki manfaat yang sangat banyak. Tidak hanya untuk menyedapkan rasa masakan saja, tetapi kunyit pun bisa menjadi minuman kesehatan. Kunyit mengandung senyawa curcumin yang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kunyit ternyata juga baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah pencernaan, karena kandungan kunyit dapat membantu sistem pencernaan sebagai antiinflamasi. Tentunya kunyit pun juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kunyit juga kaya akan kandungan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas . Dengan rutin mengkonsumsi Kunyit, maka tubuh bisa tahan akan serangan penyakit. Selain kunyit, anda juga bisa mencampurkan jahe di minuman kunyit anda untuk rasa yang lebih segar. Anda juga bisa menambahkan herbal lainnya sesuai selera.

  1. Temulawak

Di dalam Temulawak juga terkandung curcumin . Tanaman herbal ini juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan seperti sebagai antibakteri, penetral racun, penghilang nyeri, dan juga berfungsi sebagai antioksidan.

Selain mengandalkan tanaman herbal, Anda juga bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan daya tahan tubuh misalnya saja dengan berolahraga secara teratur dan menjalankan pola hidup sehat.

Anda bisa menemukan bibit tanaman dengan mudah. Sat ini. Lebih baik jika selalu ada persediaan dirumah. Selain bisa dipetik kapan saja, juga bisa menyalurkan hobi jika Anda menyukai cocok tanam. Cara menanam tanaman obat ini juga sangat mudah, buat pemula pun juga bisa mencobanya.

Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa tanaman obat ditanam sendiri yang bisa Anda coba. Anda juga bisa menanam tanaman lain yang juga bisa di jadikan persediaan di rumah. Yang terpenting utamakan kesehatan Anda dan keluarga tercinya. Selamat Mencoba !

[Deve Admin]