Waktu Terbaik Untuk Tidur
cambridgeweightplan.com

DeveNews.Com – Jakarta. Mari mulai dengan mengetahui seberapa banyak tidur yang dibutuhkan rata-rata untuk individu setiap harinya. Untuk waktu terbaik untuk tidur setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda, tergantung umur, jenis kelamin, bahkan faktor genetic bawaan orang tersebut. Tahukah kamu jika 5% dari populasi dunia di program untuk hanya tidur selama 3 jam setiap malamnya? Faktanya, Margaret Thatcher dan Winston Churchill hanya butuh 3 jam tidur untuk berfungsi dengan normal keesokan harinya, sedangkan lainnya membutuhkan 8 hingga 9 jam tidur.

Beberapa ahli kesehatan menyatakan bahwa kualitas tidur ditentukan dari berapa lama kita tidur. Pukul 10 malam hingga 6 pagi adalah waktu yang sempurna untuk tidur karena waktu tersebut merupakan waktu dimana ritme sirkadian seseorang bekerja dengan normal. Matt Walker selaku pemimpin dari Sleep and Neuroimaging Lab di University of California menyatakan bahwa sebelum tiba waktu tidur, pukul 8 malam hingga 12 pagi merupakan kesempatan sempurna bagi tubuh untuk mendapatkan REM dan non-REM agar tubuh dapat berfungsi kembali dengan optimal keesokan harinya.

Namun, jika seseorang terbangun selama siklus tidur ini berlangsung, maka besar kemungkinan orang tersebut akan merasa letih keesokan paginya, walaupun sudah tidur dalam waktu yang cukup. “Hal ini dikarenakan tidur malam yang berkualitas membutuhkan 5 sampai 6 kali usaha untuk melengkapi siklus tidur yang berlangsung selama 90 menit sebelum seseorang benar-benar terlelap. Jika siklus ini berlangsung tanpa gangguan, maka dipastikan keesokan paginya kita akan bangun dengan segar.”

Mayoritas populasi individu di dunia membutuhkan setidaknya 15 menit untuk mulai tertidur. Jadi jika kamu ingin bangun dengan segar pukul 7 pagi, waktu terbaik untuk tidur adalah di sekitar jam 9.45 dan 11.15 malam.

[Bella Setiawati]