Penyebab Wasir
rachaelrayshow.com

DeveNews.Com – Jakarta. Terdengar seperti pertanyaan bodoh, tapi siapa sih dari kalian yang tidak membawa hp ketika masuk ke dalam bilik toilet? Faktanya, duduk terlalu lama saat buang air besar dapat menjadi penyebab wasir karena adanya tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan rectum dalam jangka waktu yang lama.

Kebiasaan duduk terlalu lama di kloset toilet, baik sambil membaca buku atau bermain hp, nyatanya dapat menyebabkan resiko wasir hingga berkali-kali lipat. Wasir sendiri merupakan salah satu penyakit umum yang banyak diderita kini. Setidaknya tiga dari empat orang dewasa menderita wasir setiap harinya. Wasir paling sering disebabkan akibat konstipasi yang terjadi secara terus menerus, dimana seseorang harus mengejan berlebihan saat buang air sehingga menyebabkan jaringan pada area bantalan anal menipis. Wasir memiliki dua tipe yakni wasir yang terjadi dibagian dalam rektum dan wasir yang terbentuk di area luar sekitar kulit anus.

Lalu apa hubungannya hp sebagai penyebab wasir? Jawabannya bukan pada kegiatan, melainkan waktu yang akan dihabiskan seseorang duduk di kloset sambil memainkan perangkat tersebut. TIdak heran hp menjadi salah satu ‘penyebab’ seseorang dapat menderita wasir secara tidak langusng. Menurut Dr. Dato Meheshinder Singh selaku konsultan dan ahli kolon dari Pantai Medical Center di Malayasia, kebiasaan ini dikenal sebagai sindrom Toilet Newspaper. “Sindrom ini adalah sindrom yang kini tergantikan dengan adanya hp. Dahulu, orang kerap kali membawa koran ke dalam toilet dan menghabiskan waktu yang sangat lama di dalam bilik untuk membaca. Smartphone is the new reading material for young people these days. Walaupun frasa ini terdengar tua, namun kebiasaan dibalik sindrom tersebut tetaplah sama higga kini,” jelasnya.

[Bella Setiawati]