Sumber : Scribol.com

Devenews.com-Korea. Bicara soal kuliner, ada ribuan jenis makanan di seluruh dunia dan tiap negara memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Sannakji, hidangan gurita hidup yang berasal dari Korea.

Dilansir dari Scribol.com, Sannakji adalah hidangan yang sangat populer di Korea dan harganya pun cukup mahal. Bayi gurita yang masih hidup dimutilasi dan segera dihidangkan di atas piring agar tamu dapat melihat geliat dari bagian tubuhnya.

Memang hidangan ekstrim semacam ini belum tentu mau dicoba semua orang. Banyak yang menganggap makanan sejenis ini tidak hiegienis ataupun karena tidak tega menyaksikan gurita hidup langsung dipotong dan dikonsumsi manusia. Dan alasan ini memang menjadi pertimbangan sebagai salah satu tindak kekejaman terhadap hewan.

Namun tidak hanya soal kejam dan tidak hiegenis, Sannakji ternyata memiliki bahaya lain yang bahkan bisa mengancam jiwa manusia. Tentakel gurita yang dihidangkan dalam keadaan masih hidup ternyata tetap aktif dan akibatnya saat ditelan bagian ini dapat menempel di tenggorokan manusia. Kejadian ini sudah banyak memakan korban jiwa di Korea.

Kenyataannya memang sulit untuk memastikan kondisi penyedot di tentakel tersebut sudah aman ditelan. Tekstur gurita yang kenyal semakin sulit untuk dikunyah karena dihidangkan dalam keadaan mentah. Karena belum terkunyah sempurna, tentakel-tentakel tersebut sangat beresiko tinggi menempel di tenggorokan dan menyebabkan tersedak.

Uniknya, bahaya kematian tidak membuat hidangan ‘sadis’ ini kehilangan peminat. Sampai hari inipun Sannakji masih menjadi salah satu hidangan yang paling dicari di Korea. Dipercaya hidangan ini malah menjadi tantangan sendiri bagi para peminatnya. Berhasil memakan Sannakji tanpa tersedak menjadi kebanggan tersendiri.

Dalam menghidangkan Sannakji para koki di Korea tidak perlu repot menghidangkan bumbu. Gurita mentah biasanya dihidangkan hanya dengan lumuran garam secukupnya dan saus khas Korea. Yang jelas rasa gurita mentah masih sangat kental terasa ketika dikunyah di dalam mulut.

Selain di Korea, hidangan Sannakji juga cukup populer di Jepang. Sebagai salah satu negara dengan tingkat kepopuleran makanan laut mentah yang tinggi, tidak heran Sannakji bisa diminati di negara tersebut.[][Donna]