Kecelakaan Mobil
Sumber : cdc.gov

DeveNews.com –Jakarta. Resiko untuk terlibat dan bertanggung jawab dalam sebuah kecelakaan mobil ternyata jauh lebih tinggi akan dialami oleh mereka yang tidur kurang dari 7 jam semalamnya sebelum mengemudikan kendaraan.

Dalam salah satu penemuan terbaru, dilansir dari laman medicaldialy.com, sebuah studi berjudul “Acute sleep deprivation and culpable motor vehicle crash involvement” yang dipublikasikan pada 18 September silam menyatakan bahwa jauh lebih sulit untuk menentukan apakah seseorang tidur dengan cukup atau tidak saat kecelakaan mobil terjadi, ketimbang mereka yang berada dalam pengaruh obat-obatan. Hal ini dikarenakan individu yang kurang tidur dapat terlihat normal dan bangun sepenuhnya sebelum berkendara.

Namun, terbangun saja bukan berarti seseorang itu akan berhati-hati ketika mengemudi. Selain itu, tertidur tidak hanya menjadi faktor pemicu kecelakaan. Menurut Brian Tefft selaku perwakilan dari AAA Foundation for Traffic Safety asal Washington, walaupun pengemudi sadar saat berkendara, jika mereka tidur dibawah jam normal maka resiko untuk melakukan kesalahan mengemudi akan semakin besar, seperti lupa memperhatikan hal-hal detil hingga salah memprediksi ketika hendak menyalip.

Baca Juga : https://www.devenews.com/air-minum-devenews-com/

Menurut National Highway Traffic Safety Administration ditahun 2014, mengemudi dalam keadaan mengantuk menjadi salah satu kasus kecelakaan lalu lintas yang paling sering terjadi dengan jumlah mencapai lebih dari 800 kematian. Selain itu, data yang didapat dari United States of Transportation menyatakn bahwa 7.000 pengemudi yang pernah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas mengakui bahwa mereka hanya tidur atau beristirahat sebentar sebelum mengemudi.

Dibandingkan para pengemudi dengan jam tidur lebih dari 7 jam, mereka yang tidur kurang dari 4 jam seharinya memiliki resiko mengalami kecelakaan hingga 15%, dimana hal ini memiliki jumlah persen yang sama dengan resiko kecelakaan akibat pengemudi dibawah pengaruh obat-obatan atau minuman keras. “Developing good sleep habits was the most effective way to reduce the risk of such crashes. While experts recommended 7 to 9 hours of sleep for healthy adults,” jelas Brian. [][Bella Setiawati]]

Editor : Syarifah Shofi Muhaya