Sumber : Reader's Digest

DeveNews.com- Jakarta. Ada banyak benda di dunia ini yang entah kenapa diberi warna tertentu – misalnya saja, kenapa uang identik dengan warna hijau, dan kenapa gaun pengantin identik dengan warna putih? Coba simak artikel di bawah ini yang dilansir dari Reader’s Digest, untuk fakta-fakta unik warna di seluruh dunia:

Kenapa Bola di Permainan Sepakbola Berwarna Hitam Putih?

Model bola berwarna hitam putih, dengan gambar pentagon berwarna hitam ternyata dipopulerkan oleh Adidas. Model bola ini didesain khusus untuk World Cup di Meksiko pada tahun 1970, pertama kalinya pertandingan sepakbola populer ini disiarkan langsung oleh televisi. Karena saat itu televisi masih didominasi oleh layar hitam putih, Adidas mendesain bola dengan dua warna untuk lebih menarik perhatian pemirsa. Pentagon hitam dimaksudkan agar para pemain lebih fokus melihat pergerakan bola tersebut.

Kenapa Seragam Penjara Identik Dengan Warna Oranye?

Walaupun tiap penjara memiliki desain dan warna seragam masing-masing, mayoritas penjara di seluruh dunia menggunakan warna oranye terang saat tahanan berada di luar penjara. Ternyata pemilihan warna ini sengaja digunakan dengan maksud agar para tahanan lebih mudah untuk diawasi, karena warna pakaian yang berbeda daripada yang lain.

Kenapa Warna Populer Gaun Pengantin Adalah Putih?

Desain gaun pengantin berwarna putih klasik dipopulerkan di Eropa, terutama saat pernikahan Ratu Victoria dengan Pangeran Albert di tahun 1840. Saat itu, pengantin wanita tidak memiliki warna atau jenis pakaian tertentu saat menikah. Namun keindahan gaun Victoria menginspirasi para wanita untuk tampil anggun dengan gaun putih, dan berlangsung hingga sekarang.

Kenapa Jubah Matador Berwarna Merah?

Banteng diketahui memiliki sensitivitas terhadap warna merah. Kenyataannya, hal ini tidak benar karena banteng ternyata buta warna. Kenapa banteng mudah terpancing saat matador menggerakkan jubah merah mereka, dikarenakan sentivitas banteng terhadap gerakan cepat. Warna merah dipilih karena dianggap sebagai warna yang menonjol, dan merupakan representasi dari warna darah.

Kenapa Uang Identik Dengan Warna Hijau?

Mata uang dollar Amerika yang dicetak dengan warna hijau membuat warna ini sangat simbolis merepresentasikan uang hingga sekarang. Di Amerika, uang kertas dipekerkenalkan pada tahun 1929 dan dicetak menggunakan warna hijau karena warna ini dianggap lebih ‘tahan banting’ terhadap pencemaran kimia maupun hal lainnya. [][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya