Mental Health
Pexels.com

DeveNews.Com – Jakarta. Memahami apa yang dianggap sebagai kesehatan mental normal bisa sulit. Lihat bagaimana perasaan, pikiran, dan perilaku menentukan kesehatan mental dan bagaimana mengenali jika Anda atau orang yang dicintai membutuhkan bantuan?

Lantas Apa perbedaan antara kesehatan mental dan penyakit mental? Terkadang jawabannya jelas, tetapi seringkali perbedaan antara kesehatan mental dan penyakit mental tidak begitu jelas. Misalnya, jika Anda takut berpidato di depan umum, apakah itu berarti Anda memiliki kondisi kesehatan mental atau kasus saraf yang tidak jelas.Berikut ini membantu memahami bagaimana kondisi kesehatan mental diidentifikasi.

Memahami apa yang di sebut dengan kesehatan mental yang normal tidak mudah. Anda perlu melihat lagi bagaimana perasaan, pikiran dan perilaku menentukan kesehatan mental dan bagaiamana mengenal anda atau orang yang anda sayangi membutuhkan bantuan. Dilansir dari mayoclinic ini dia ulasannya.

  • Apakah anda mengetahui apa perbedaan kesehatan mental dan penyakit mental?

Seringkali perbedaan antara keduanya kurang begitu jelas. Contoh saat anda takut berpidato dihadapan umum, apakah anda memiliki kondisi kesehatan mental atau syaraf anda bermasalah? Berikut cara untuk membantu anda memahami bagaimana kondisi kesehatan mental dapat di identifikasi.

Memang terkadang sulit untuk membedakan kesehatan mental normal dari penyakit mental karena tidak ada tes yang mudah untuk menunjukkan apakah ada sesuatu yang salah. Juga, kondisi kesehatan mental primer dapat ditiru oleh physical disorder.

Kondisi kesehatan mental bukan karena gangguan fisik dan didiagnosis dan diobati berdasarkan tanda dan gejala, serta seberapa besar kondisi tersebut mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya, kondisi kesehatan mental dapat mempengaruhi:

  • Perilaku. Mencuci tangan secara obsesif atau minum terlalu banyak alkohol mungkin merupakan tanda dari kondisi kesehatan mental.
  • Perasaan. Terkadang kondisi kesehatan mental ditandai oleh kesedihan yang mendalam atau berkelanjutan, euforia atau kemarahan.
  • Berpikir. Delusi – keyakinan tetap yang tidak dapat diubah dengan bukti yang bertentangan – atau pikiran untuk bunuh diri mungkin merupakan gejala dari kondisi kesehatan mental.

Dan bagaimana dengan penyedia kesehatan mental mendiagnosis kondisi kesehatan mental seseorang? Simak di artikel selanjutnya yah !

[F.A.I]