coburgdentalgroup.com.au
Kesehatan Mulut

DeveNews.Com-Jakarta. Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Indian Society of Periodontology di tahun 2010 silam mengungkapkan bahwa infeksi gusi dapat membawa dampak tidak langsung pada kesehatan jantung seseorang hingga 20%. Disisi lain, tim peneliti dari Rutgers University asal New Brunswick, New Jersey, turut menemukan fakta bahwa kesehatan mulut berpengaruh besar terhadap kesehatan otak, dimana penemuan ini sendiri telah diverifikasi dalam 23 studi di tahun-tahun sebelumnya.

Tim peneliti asal Rutgers University melakukan dua studi kasus berbeda yang diterbitkan dalam jurnal American Geriatrics Society. Kedua studi tersebut berfokus pada menurunnya kemampuan kognitif seseorang pada dewasa lanjut yang berusia diatas 60 tahun. Xin Qi Dong selaku direktur kesehatan dan riset dari Rutgers University menjelaskan bahwa penelitian tersebut dibagi dalam beberapa grup ras dan etnis untuk melihat kebiasaan masing-masing grup dalam menjaga kesehatan mulut setiap harinya di berbagai negara. “Minoritas yang memiliki keterbatasan serta status ekonomi yang rendah umumnya tidak begitu mempedulikan kesehatan mulut dan gigi mereka,” jelas Xin.

Xin melanjutkan bahwa dewasa usia lanjut terutama mereka yang tinggal di Amerika dan China memiliki resiko lebih tinggi dalam mengalami gangguan kesehatan mulut karena kurangnya penyuluhan untuk memeriksakan gigi secara rutin. Selama studi berlangsung, tim melakukan sesi interview pada setidaknya 2.700 warga keturunan Amerika dan China.

Dalam studi pertama, partisipan menjawan pertanyaan seputar kesehatan mulut dan gigi, serta melakukan lima tes kognitif. Di studi kedua, tim melakukan interview langsung kepada para partisipan seputar ada atau tidaknya keluhan pada mulu dan gigi yang mereka rasakan, serta mengukur tingkat stress tiap individu.

Hasilnya, lebih dari 25% partisipan yang mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut tidak mendapat hasil yang bagus dalam tes kognitif mereka. Selain itu, partisipan yang memiliki gangguan kesehatan oral cenderung berada dalam level stress yang tinggi.  Belum ada penjelasan spesifik secara ilmiah mengapa kedua hal ini dapat berhubungan secara langsung. “Kami percaya hasil studi ini dapat menyimpulkan bahwa ada kaitan erat antara kesehatan oral dengan kondisi psikologis orang tersebut,” tutup Xin.

[Bella Setiawati]