Kiddle

DeveNews.Com – Jakarta. Di zaman digital saat ini, semua kalangan masyarakat mulai dikenalkan dengan berbagai macam teknologi yang ada. Terlebih lagi, bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan internet, kehidupan anak-anak pun juga tak bisa terlepas dari internet. Mulai dari mencari tugas, refreshing, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Google, sebagai perusahaan mesin pencari terbesar mengembangkan Kiddle, yaitu mesin pencari khusus anak anak.

Kiddle memiliki logo dengan tema yang warnanya sama seperti Google. Hanya saja, Kiddle tampil dengan background bertema kartun yang fun agar dapat menyesuaikan dengan pengguna yaitu anak-anak. Untuk menjamin konten pencarian tetap aman, Kiddle dijalankan oleh para editor Google dengan menggunakan metode pencarian aman. Hal tersebut menjadi sebuah jaminan bagi anak-anak yang dapat memberikan keamanan untuk membuka situs, gambar, maupun video tanpa perlu khawatir menemukan konten dewasa.

Uniknya, jika pengguna Kiddle memasukkan keyword yang tak layak, maka dengan otomatis Kiddle akan menampilkan tulisan “Oops, looks like your query contained some bad words. Please try again!

Bukan hanya itu, Kiddle juga dirancang untuk selalu menampilkan informasi yang positif dan berguna untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak. Misalnya, jika menulis keyword Selena Gomez, maka yang akan keluar di mesin pencarian bukanlah gosip yang mengundang kontroversi dan lain sebagainya. Melainkan, memunculkan artikel mengenai biografi Selena Gomez maupun prestasi yang dapat menjadi berita positif terhadap si pengguna yaitu anak.

Mengenai tampilan pada hasil pencarian Kiddle, mulai link keempat hingga ketujuh, Kiddle menampilkan situs yang isinya ditulis dengan bahasa yang sederhana agar dapat dengan mudah dipahami oleh anak-anak. Sedangkan link diurutan kedelapan hingga seterusnya adalah link situs bebas namun sudah melalui proses penyaringan terlebih dahulu oleh sistem pencarian aman dari Google. Kalau begini, bagi yang memiliki anak bisa lebih tenang mengizinkan anak-anak anda menggunakan internet. Ini bisa menjadi solusi buat anda yang terlalu khawatir dengan potensi  konten di internet yang dianggap masih cukup “berbahaya” untuk anak-anak.

Nah, Bagi anda yang ingin mencoba, silahkan kunjungi kiddle.co yah!

Rifly Mubarak