Kurma
Pexels.Com

DeveNews.Com-Jakarta. Saat Berbuka puasa merupakan saat anda mengisi kembali tingkat energi sehingga sebaiknya tetap lakukan upaya untuk mengonsumsi makanan dari kelompok makanan utama, yaitu : buah dan sayuran, beras, serta daging dan termasuk susu.

• Buah dan sayur-sayuran

Health Promotion Board (HPB) merekomendasikan untuk konsumsi 2 porsi sayuran dan 2 porsi buah per hari. Pastikan Anda memiliki 1 porsi buah dan 1 porsi sayuran di setiap dua kali makan. Secara tradisional selama bulan Ramadhan, kurma pun dimakan pada awal buka puasa. Selain sebagai sumber energi yang sangat baik, kurma juga kaya kalium – membantu otot dan saraf berfungsi dengan baik.

Kurma
Pexels.Com

Tapi jangan terlalu banyak mengonsumsi kurma karena mengandung gula yang cukup tinggi!

• Beras dan Roti Gandum

Roti gandum, beras merah atau mie gandum adalah karbohidrat kompleks yang memberi energi, serat, dan mineral bagi tubuh. Dibandingkan dengan makanan manis dan makanan penutup yang membakar dengan cepat, beras , roti gandum dapat menyediakan tingkat energi yang lebih stabil dan berkelanjutan.

rice
Pexels.Com

• Daging , Ayam tanpa kulit, Ikan,dan Alternatif Lainnya

Coba menggabungkan sumber-sumber kaya protein seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, telur, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak.Agar makanan Anda tetap sehat ingatlah untuk nenbatasi penggunaan minyak dan lebih baik memilih cara memasak dengan mengukus atau memanggang.

fish
Pexels.com

Menurut Department of Dietetics at Singapore General Hospital (SGH), member dari the SingHealrth group , saat memilih minyak, Anda juga harus memilih lemakjenuh yang tidak tinggi seperti minyak kanola dan minyak kedelai. Gunakan Ramadhan ini untuk menumbuhkan kebiasaan diet yang baik. Pada saat bulan puasa berakhir, percayalah Anda akan merasa lebih sehat.

[F.A.I]