Sumber : RIDERS RIDE

DeveNews.com- Laos.  Jika Anda berkunjung ke Laos, makanan tradisional berupa sup telur semut adalah salah satu hidangan yang patut dicoba. Walaupun mungkin tidak semua orang mau untuk mencoba hidangan khas Laos ini, Anda yang senang mencoba kuliner ekstrem pasti akan sangat antusias mencobanya. Kuliner Unik Sup Telur Semut Di Laos

Dikenal dengan nama Gaeng Kai Mot Daeng dalam bahasa Laos, sup telur semut ini sesuai namanya menggunakan ratusan telur semut sebagai bahan pembuatannya.

Dilansir dari DailyKos, penduduk Laos yang senang mengkonsumsi sup telur ini biasanya memiliki sarang semut sendiri di area perkebunan rumahnya. Dengan cara ini, mereka tidak perlu repot-repot membeli sup telur semut tersebut di restoran. Walaupun tentunya saat memisahkan telur dari para induk semut pun memiliki trik tersendiri agar tidak digigit.

Kuliner Unik Sup Telur Semut Di Laos

Sama seperti hewan lainnya, semut juga memiliki naluri pelindung terhadap telur-telurnya. Maka itu jika Anda berusaha mengambil telur-telur tersebut tanpa perlindungan tangan, dipastikan para induk semut akan menggigit dengan ganasnya.

Biasanya, cara tradisional memisahkan telur adalah menggunakan seember air. Sarang semut beserta induknya direndam di dalam air hingga tidak bergerak lagi. Namun biasanya semut-semut tersebut tidak mati sepenuhnya.

Telur-telur semut yang berwarna putih membuat hidangan sup ini seperti direndam nasi putih. Dan kabarnya, sup ini memang tidak terasa seperti memakan serangga, lebih seperti memakan nasi putih yang sudah sangat lembek karena terendam air cukup lama.

Tradisi sup telur semut inipun dilakukan oleh warga Laos selama ribuan tahun bukan karena tanpa alasan. Telur semut sendiri terbukti merupakan sumber protein yang sangat tinggi. 100 gram telur semut mengandung lebih dari 8.2 gram protein.

Selain itu, telur semut mengandung lemak dan kalori yang sangat rendah jauh dibandingkan daging ayam. Telur semut juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, sodium, potasium, vitamin B1 dan B2.

Untuk menernak semut pun bisa dibilang bukan hal yang sulit. Semut biasanya senang berkembang biak dengan mudah di pohon buah yang manis seperti mangga, rambutan, longan, apel, dan jeruk. Dari bulan Oktober hingga Desember biasanya menjadi waktu ideal bagi semut untuk membangun sarang raksasa, tergantung dari lingkungan tempat mereka tinggal. [][Donna F]]

Editor: Shofi Muhaya