libur akhir tahun
ilustrasi : Pexels.com

DeveNews.Com- Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi sejak hari Senin (23/11/2020), bahwa libur akhir tahun akan dikurangi, mengingat saat ini jumlah kasus corona di Indonesia masih belum memperlihatkan penurunan yang signifikan.

Begini skema Libur Akhir Tahun dari keputusan pemerintah, jika sebelumnya pengganti cuti bersama Idul Fitri di tanggal 28-31 Desember 2020, saat ini cuti bersama Idul Fitri hanya di tanggal 30 Desember saja.

Meskipun begitu, para traveller yang sudah menyiapkan liburan panjang masih bisa menikmati long weekend dalam 2 minggu berturut-turut. Karena hari Kamis 24 Desember 2020 di tetapkan sebagai cuti bersama, sedangkan di minggu depannya lagi pada Hari Kamis 31 Desember 2020 dijadikan sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2020.

Meskipun ada 3 hari pengurangan Libur Akhir Tahun , jangan patah semangat yah. Jika kalian memang  sudah terlanjur membeli tiket ditanggal cuti bersama yang dipangkas, ini tips buat kalian agar bisa tetap travelling.

  1. Cobalah Ajukan Refund atau Perpindahan Tanggal 

Iya , kenapa tidak? Daripada tiket kalian hangus begitu saja tak ada salahnya untuk mencoba mengajukan refund. Jika tidak, silahkan ajukan perpindahan tanggal, biasanya agent travel menyediakan layanan jika ingin melakukan perpindahan tanggal.

2. Coba Ajukan Cuti ke Kantor 

Jika memang tidak bisa di refund ataupun perpindahan tanggal, atau kalian tetap ingin travelling,  silahkan ajukan cuti ke kantor kalian, dengan catatan tetaplah jalankan protokol kesehatan, dan hindari kerumunan selama liburan, dan sebaiknya pulang dari liburan lakukan swab pcr test untuk lebih meyakinkan bahwa saat masuk bekerja kembali kalian memang aman.

3. Pilihlah Salah Satu Long Weekend

Jika kalian belum berencana pergi kemanapun, dan berkeinginan untuk tetap liburan, pilihlan salah satu dari long weekend yang bisa kalian gunakan. Terutama di long weekend pertama, atau long weekend di tahun baru lumayan buat refreshing sebentar, apakah ke taman , pantai, piknik di udara terbuka lebih di anjurkan.

Jangan lupa untuk selalu siapkan masker cadangan, tissue dan paling utama adalah hand sanitizer. Ingat, kesehatan nomor 1, terapkan protokol kesehatan, lindungi diri anda dan keluarga anda. Happy Travelling 🙂

[Liz]