DeveNews.com – Jakarta. Liburan termurah tak harus selalu biasa – biasa saja. Biaya hidup di perkotaan besar yang semakin tinggi saat ini membuat banyak orang kesulitan untuk menyeimbangkan penghasilan dengan pengeluaran mereka. Ternyata, di dunia masih ada loh, beberapa kota eksotis yang memiliki biaya hidup cukup murah. Kota-kota ini sangat cocok bagi Anda yang ingin liburan panjang tanpa harus pusing memikirkan tingginya biaya hidup di luar negeri. 

Guanajuato, Meksiko

Kota Guanajuato di Meksiko terkenal akan sejarah dan budayanya serta Festival Internacional Cervantino yang berlangsung pada bulan Oktober dan diikuti oleh lebih dari 70 negara. Kota ini populer dipadati turis karena biaya hidup yang murah. Untuk menyewa kontrakan 1 kamar di kota ini dapat ditemukan dengan biaya sekitar Rp 3-5 juta per bulan. Liburan termuran dapat anda rasakan disini.

Uberlandia, Brazil

Sebagai salah satu negara paling eksotis di dunia, Brazil juga merupakan salah satu negara yang tinggi jumlah penduduknya. Kota Uberlandia berada dalam urutan ke-12 dengan jumlah penduduk terbanyak di Brazil (hampir 1 juta orang penduduk). Walaupun kota ini ramai dipadati penduduk dan juga cukup populer sebagai destinasi turis, masih ada banyak nilai sewa apartemen/rumah yang cukup murah, hanya sekitar Rp 4 juta per bulannya.

Baca Juga : https://www.devenews.com/liburan-lebih-berkesan/

Chiang Mai, Thailand

Thailand populer sebagai salah satu destinasi liburan favorit yang tidak harus menguras isi kantong Anda. Namun walaupun harga rata-rata bahan pokok dan sewa rumah/hotel di Thailand cukup rendah, nilai ini bisa melonjak tinggi memasuki musim liburan. Maka Anda juga harus menentukan waktu liburan yang pas. Di kota kecil Chiang Rai masih dapat ditemukan sewa rumah dengan tiga kamar senilai Rp 4-5 juta per bulannya.

Pedasi, Panama

Sulit menyebut Panama sebagai destinasi liburan luar negeri yang efisien. Di Panama City, harga sewa kamar per bulannya dapat mencapai lebih dari Rp 20 juta dan bahkan bisa lebih tinggi lagi untuk harga turis. Namun bagi Anda yang ingin liburan efisien di Panama bisa mempertimbangkan untuk bepergian ke kota kecil Pedasi. Kota ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 5 jam dari Panama City. Di kota ini masih ditemukan harga sewa rumah dengan pemandangan tepi laut yang sangat indah senilai Rp 8-9 juta per bulannya.

Minsk, Belarus

Mungkin masih banyak orang yang asing dengan kota Minsk. Walaupun tidak termasuk dalam jajaran kota terpopuler untuk liburan, lokasi Belarus yang diapit oleh Polandia dan Rusia kini sudah menjadi salah satu negara industri yang cukup tinggi perkembangannya. Selain itu, popularitas Minsk yang belum tinggi di kalangan para turis membuat biaya hidup di kota ini pun masih cukup terjangkau. [][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya