Mandi malam hari
Sumber : img.providr.com

DeveNews.com – Jakarta. Mandi malam hari ternyata lebih penting dari pada pagi. Jika kamu tergolong sebagai seseorang yang suka bangun pagi, mungkin kamu akan memilih untuk mandi pagi. Begitu pula sebaliknya, jika kamu bukan seorang early riser maka kamu akan memilih untuk mandi dimalam hari. Lalu apakah ada pembuktian ilmiah yang dapat memberi jawaban mana waktu mandi terbaik dan ideal ?

Nah buat kamu yang suka mandi di pagi hari agar terlihat segar dan wangi saat beraktivitas, kamu juga harus mandi malam hari. Dilansir dari laman seventeen.com, Dr. Samer Jaber selaku ahli dermatologi dari New York mengungkapkan bahwa mencuci muka dan mandi di malam hari jauh lebih penting ketimbang di pagi hari bagi kesehatan kulit tubuh, terlebih ketika musim semi dan panas.

“Setelah beraktivitas seharian, keringat dan debu akan menempel pada tubuh. Begitu pula ketika musim semi tiba, serbuk-serbuk allergen seperti serbuk sari akan mudah menempel pada tubuh jika kamu banyak menghabiskan waktu diluar ruangan. so you definitely should shower to get it off your skin before going to bed,” jelasnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University juga menemukan fakta bahwa mandi di malam hari dapat membuat tidur seseorang lebih berkualitas. “Mandi dengan air panas sangat direkomendasikan bagi kamu yang suka mandi di malam hari setelah seharian lelah beraktivitas untuk merelaksasi otot-otot tubuh yang tegang, terutama jika kamu memiliki kesulitan tidur.

Baca Juga : https://www.devenews.com/ternyata-mandi-memiliki-waktu-tertentu-kapan-sajakah-itu/

Pastikan waktu mandi tidak melebihi 90 menit,” tambah Dr. Janet Kennedy selaku psikolog dan sleep expert asal New York. Menurutnya, mandi di malam hari dapat menurunkan suhu tubuh dan membantu menyesuaikannya dengan ritme sirkadian sehingga kamu akan lebih mudah terlelap.

If you’re a hardcore morning person, then it might be worth sticking to your routine. Dr. Janet juga menambahkan bahwa mandi di pagi hari juga memiliki manfaat lainnya, terutama bagi mereka yang sulit bangun di pagi hari, yakni dengan membantu tubuh kembali bekerja ke dalam ritme normalnya.[][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya