Sumber : static3.businessinsider.com

Devenews.com-Amerika. Setelah saya kehilangan pendengaran saya, saya menyerah. Tetapi, saya ingin melakukan lebih banyak sesuatu dengan hidup saya dibandingkan langsung menyerah. –Mandy Harvey-

Selain suara, seorang penyanyi biasanya juga harus mengandalkan pendengaran untuk mengetahui nada yang dimainkan dan dinyanyikan. Namun, bagaimana jika seorang penyanyi kehilangan pendengarannya? Kebanyakan orang mungkin saja menyerah dengan keadaan, namun Mandy Harvey menembus segala keterbatasannya hingga bisa mendapatkan Golden Buzzer di panggung America’s Got Talent (AGT).

Mandy Harvey datang ke panggung AGT didampingi dengan penerjemah bahasa isyarat, tanda bahwa ia adalah seorang tuna rungu. Anehnya, Mandy saat itu berniat memukau juri dengan bernyanyi, suatu hal yang jarang terjadi. Ia kehilangan pendengarannya saat berusia 18 tahun karena terkena gangguan jaringan ikat hingga sarafnya memburuk.

Sebelumnya, Mandy memang sudah bernyanyi sejak berumur 4 tahun. Saat kehilangan pendengarannya, ia memutuskan untuk berhenti bernyanyi. Hingga akhirnya ia menemukan jalan keluar untuk tetap bisa bernyanyi tanpa mendengarkan suaranya.

Mandy menggunakan memori otot dan mempercayai pitch suaranya. Ia juga merasakan tempo dan ketukan dari getaran yang ada di lantai. Makanya, ia tidak menggunakan sepatu saat bernyanyi untuk merasakan getaran tersebut.

Dalam panggung AGT, ia menyanyikan sebuah lagu yang ditulis sendiri berjudul “Try” atau berarti “Mencoba”. Lirik ini menceritakan tentang pengalaman hidupnya saat ia kehilangan pendengarannya.

“I don’t feel the way I used to

The sky is grey much more than it is blue

But I know one day I’ll get through

And I’ll take my place again

If I will Try… If I will Try

There is no one for me to blame

Cause I know the only thing in my way

Is Me

I don’t live the way I want to

That whole picture never came into view

And I’m tired of getting used to

The Day…

So I will try… So I will try

If I would Try… If I would Try”

 

“Aku tidak merasakan yang pernah dulu kurasakan

Warna langit yang seharusnya biru terlihat lebih gelap

Tetapi aku tahu kalau suatu hari aku bisa melewatinya

Dan aku akan kembali berdiri lagi

Jika aku mencoba… Jika aku mencoba

Tidak ada seorangpun yang bisa kusalahkan

Karena aku tahu, satu-satunya orang yang menghalangi diriku

Adalah aku sendiri

Aku tidak hidup sesuai keinginanku

Keinginanku yang belum pernah menjadi kenyataan

Dan aku sudah lelah karena terbiasa

Dengan hari-hari yang dilalui

Jadi aku akan mencoba… Jadi aku akan mencoba

Kalau saja aku mencoba… Kalau saja aku mencoba”

Setelah menyanyikan lagu ini, Mandy mendapatkan sambutan luar biasa dari penonton dan para juri. Bahkan, ia mendapatkan Golden Buzzer dari Simon dan langsung maju ke acara live.

Wah, sepertinya selain suara emas, Mandy memberikan pelajaran berharga untuk banyak orang. Agar kita tidak mudah menyerah dengan keadaan dan bisa bangkit dari keterpurukan. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi kalau tidak dicoba terlebih dahulu? Semangat![][Cynthia Li]]