Manfaat Cuka Apel
wp.com

DeveNews.Com-Jakarta. Cuka apel berasal dari potongan buah apel yang dicampurkan dan direndam dalam alkohol selama jangka waktu tertentu. Nantinya, apel akan berfermentasi menjadi asam asetat dan terciptalah cuka apel. Cuka apel sendiri telah lama digunakan terutama dalam dunia kuliner dan medis karena kandungannya yang kaya akan mineral dan vitamin. Kini cuka apel sendiri tengah populer di kalangan masyarakat untuk diminum langsung karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. But does it really have health benefits ?

Faktanya, cuka apel memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh terlebih jika diminum secara langsung dalam takaran yang dianjurkan. Para ahli pun menyarankan untuk mengkonsumsi satu sendok makan cuka apel tepat sebelum tidur. Kenapa ? Dilansir dari laman medicaldialy.com, berikut 3 alasannya !

  1. Menjaga kestabilan gula darah

Cuka apel dapat memperlambat pengosongan perut, sehingga secara otomatis dapat mengatur kadar gula darah. Ketika tidur, tubuh kita memiliki ‘auto pilot’ untuk melakukan tugasnya, sehingga ketika kamu mengkonsumsi cuka apel sebelum tidur maka dapat membawa efek signifikan terhadap level gula darahmu.

  1. Mengandung senyawa anti mikrobakteri

Cuka apel ternyata mengandung senyawa anti bakteri dan jamur lho. Hal ini dikarenakan tingginya asam asetat yang terkandung dalam cuka apel. Bakteri umumnya tidak dapat bertahan lama dalam keadaan asam, oleh karena itu mengkonsumsi cuka apel sebelum tidur dapat mencegah munculnya masalah di pagi hari seperti bau mulut akibat penumpukan bakteri helicobacter pylori.

  1. Membantu turunkan berat badan

Menurut sebuah studi, cuka apel ternyata dapat membantu turunkan berat badan karena tingginya kandungan asam pada cuka apel sehingga membantu memperlambat proses pencernaan dan membuat kita kenyang lebih lama selama tidur. Kebiasaan bangun malam karena lapar pun dapat dihindari.

[Bella Setiawati]