Manfaat Kopi
cloudfront.net

DeveNews.Com – Jakarta. Kita semua tahu walaupun kopi seringkali dihubungkan dengan dampak negatif karena kandungan kafeinnya yang tinggi, namun ternyata kopi dapat membawa banyak manfaat kesehatan yang tidak terduga apabila dikonsumsi dengan bijak.Beberapa penelitian telah menyatakan bahwa kopi secara ilmiah dapat membawa banyak manfaat positif bagi tubuh, mulai dari perlindungan terhadap Parkinson, menurunkan resiko Alzheimer, diabetes dan menjaga kesehatan jantung.

Dilansir dari laman medicaldialy.com, salah satu efek positif dari rutin meminum kopi adalah mencegah terbentuknya batu empedu. Menurut sebuah studi yang dilakukan terhadap 105.000 partisipan selama 8 tahun, individu yang meminum kopi kurang dari 6 gelas per harinya mengalami penurunan resiko batu empedu hingga 23%.

“Konsumsi kopi secara rutin dapat menurunkan resiko batu empedu. Bahkan mereka yang hanya meminum satu atau dua gelas kopi per harinya memiliki penurunan resiko yang lebih besar,” jelas Dr. A. Tybjaerg Hansen Selaku pemimpin penelitian dan dokter ahli dari Copenhagen University Hospital di Denmark. Ini manfaat kopi yang ditemukan oleh Copenhagen University.

Batu empedu sendiri merupakan penyakit dimana endapan pada empedu mengeras dan menjadi batu, sehingga menimbulkan rasa sakit berkepanjangan karena batu tersebut menghalangi saluran empedu sehingga produser seperti operasi pun harus dilakukan. “Individu yang hanya meminum segelas kopi saja setiap harinya dapat mengalami penurunan resiko hingga 3%. But we cited that more research needs to be conducted further,” tambah Tybjaerg.

[Bella Setiawati]