DeveNews.Com – Manfaat Mandi Air Dingin mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Bagi sebagian orang, mandi dengan air dingin dianggap cukup menyiksa, terlebih karena suhu air yang langsung membuat tubuh menggigil, sehingga kegiatan membersihkan diri pun menjadi kurang nyaman. Namun, dibanding memanjakan tubuh dengan mandi air panas, akan lebih baik jika kamu tetap mandi dengan menggunakan air dingin, walaupun suhu udara sedang turun-turunnya. Dilansir dari medicalhealth.com, berikut 6 keuntungan mandi air dingin ala Scottish Shower yang ternyata membawa banyak dampak positif mengejutkan bagi kesehatan tubuh kamu.

  1. Meningkatkan fokus

Mandi dengan air dingin di pagi hari sebelum memulai aktivitas mungkin akan terasa lebih menyiksa. Namun, hal ini justru dapat meningkatkan asupan oksigen didalam tubuh sehingga memacu detak jantung lebih cepat dan secara otomatis melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh, sekaligus sebagai sumber energi narutal bagi tubuh kamu yang baru saja bangun agar lebih fokus dipagi hari. Aktris Hollywood Katherine Hepburn merupakan penggemar kebiasaan mandi air dingin, karena menurutnya, sehabis mandi dengan air dingin, ia akan merasa lebih bersemangat dalam menjalani hari yang sibuk.

  1. Optimal membersihkan rambut dan kulit

Air dingin merupakan solusi terbaik untuk mengencangkan pori-pori agar tidak tersumbat oleh kotoran, baik itu kulit tubuh maupun kulit rambut, sehingga terasa bersih lebih lama. Jessica Krant, seorang ahli kecantikan, turut menyatakan bahwa air dingin dapat mencegah kulit kehilangan minyak alaminya dengan cepat. Keramas dengan air dingin dapat membuat rambut terlihat lebih bersinar dan kuat, karena manfaat air dingin dalam memperlancar peredaran darah yang secara otomatis dapat memperkuat akar dan pertumbuhan rambut.

  1. Mengoptimalkan sirkulasi darah & imunitas

Manfaat air dingin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke setiap organ tubuh, ternyata dapat membantu mencegah beberapa komplikasi jantung. Menurut Dr. Joseph Mercola, dengan lancarnya sirkulasi darah, maka pembuluh arteri juga dapat memompa darah dengan lebih efisien ke seluruh tubuh, sehingga secara otomatis meningkatkan kesehatan jantung, menurukan resiko darah tinggi, membersihkan pembuluh darah tersumbat dan meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Menurukan berat badan

Tubuh memiliki 2 jenis lemak, yaitu white fat, lemak yang diperoleh dari kalori berlebih yang diterima tubuh dan brown fat, timbunan lemak baik yang biasa terdapat di sekitar pinggang, leher dan paha yang digunakan tubuh untuk menghangatkan diri ketika udara dingin. Oleh sebab itu, mandi dengan air dingin secara otomatis dapat mengurangi jumlah brown fat berlebih didalam tubuh dan menstimulasi penurunan berat badan.

  1. Menyembuhkan cedera otot

Pemulihan cedera otot sehabis bersepeda, latihan fisik ataupun berlari akan lebih cepat dan efektif dengan mandi air dingin. Mandi dengan air dingin bertemperatur 15-10 derajat Celsius selama 24 menit dalam jangka waktu 4 hari setelah cedera ternyata mampu menyembuhkan otot sepenuhnya. Para atlit juga menerapkan sistem mandi air dingin ini ketika mengalami cedera.

  1. Meredakan stress

Keuntungan lain dari mandi air dingin adalah mampu meredakan stress serta depresi. Ketika terkena air dingin, tubuh melepaskan energi listrik dengan jumlah banyak dari saraf perifer ke otak, sehingga menciptakan efek anti depresi dan meningkatkan mood. Selain itu, toleransi terhadap stress dan penyakit tubuh lainnya juga akan meningkat. Air dingin juga dapat melepaskan gluthattione, zat antioksidan yang dapat membantu mempercepat oksidasi stress dari dalam tubuh.

Baca Juga : https://www.devenews.com/manfaat-berlibur/

By : Bella Setiawati