Menahan Buang Air Kecil
survivalkit.com

DeveNews.Com-Jakarta. Tahukah kamu jika orang dewasa hanya mampu menahan setengah liter urin sebeum akhirnya muncul keinginan pergi ke toilet untuk buang air kecil? Kunci dari kesehatan sejatinya adalah moderasi, dimana kita harus mendengarkan apa yang tubuh kita isyaratkan. Ketika seseorang memiliki keinginan untuk buang air kecil, maka itu adalah tanda dari tubuh untuk memberitahukan bahwa urin yang tertampung sudah terlalu banyak.

Dinding kandung kemih memiliki saraf reseptor kecil yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada otak kapapun kapasitasnya telah dirasa penuh. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh jika kita sedang berada dalam kondisi tidak bisa ‘melaksanakan perintahnya untuk ke toilet’ ?

Dilansir dari laman SciShow, ketika kita memutuskan untuk menahan keinginan buang air kecil, maka sfingter slindris pada kandung kemih harus berusaha untuk menutup lebih rapat agar urin tidak keluar melalui uretera. Jika otot-otot ini bekerja dalam waktu yang lama, maka dapat menyebabkan infeksi pada area kandung kemih.

Kebiasaan sering menahan buang air kecil dapat melemahkan otot kandung kemih hingga menyebabkan retensi urin, kondisi dimana seseorang akan merasakan keinginan buang air kecil dalam frekuensi sering akibat kemampuan kandung kemih yang tidak dapat dikosongkan dengan sempurna saat buang air kecil.

Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami infeksi saluran kemih karena menahan urin atau ‘sampah tubuh’ yang harusnya segera dibuang, terlalu lama. Sehinga bakteri berbahaya yang terkandung di dalamnya dapat menginfeksi saluran tersebut.

[Bella Setiawati]