DeveNews.com – Jakarta.  Mendekati festival film Academy Awards atau yang lebih populer dikenal sebagai ajang Oscar, film The Shape of Water berhasil memimpin dengan perolehan 13 nominasi. Apa yang membuat film fantasi berdurasi 2 jam ini berhasil memukau para juri dan banyak orang?

Shape of Water dibesut oleh sutradara berbakat asal Meksiko, Guillermo Del Toro, yang sudah tidak asing lagi dalam menghasilkan film-film fantasi berkualitas. Salah satu karyanya yang paling populer adalah Pan’s Labyrinth, sebuah film fantasi yang dipadukan dengan realita jaman perang dan dampaknya bagi psikologis seorang anak. Dibuat dengan bahasa Spanyol sepenuhnya, Pan’s Labyrinth berhasil memperoleh 6 nominasi Oscar.

Serupa dengan Pan’s Labyrinth, Shape of Water juga memadukan realita dengan cerita fantasi yang berhasil menyentuh penontonnya. Plot berfokus pada karakter wanita pembersih tunawicara bernama Eliza yang diperankan oleh aktris Sally Hawkins.

Tertutup, tidak memiliki kelebihan maupun teman, kehidupannya berubah total ketika lab tempatnya bekerja menangkap sosok setengah manusia setengah ikan (diperankan oleh aktor Doug Jones). Walaupun manusia ikan hanya dapat hidup di dalam tabung kaca hal ini tidak mencegah Eliza untuk jatuh cinta dengannya.

Dari pertemuan dan kebersamaan inilah dimulai cerita cinta yang sangat tidak biasa antara manusia dan sosok setengah monster tersebut. Uniknya, cerita cinta tidak  biasa yang sebenarnya sangat beresiko untuk mendapat kritikan ini justru berhasil diolah oleh Del Toro menjadi sebuah kisah cinta yang sangat emosional dan menyentuh.

“Film ini memiliki desain yang sangat baik, pengambilan gambar, akting, serta cerita yang luar biasa. Terdapat penggambaran mengenai koneksi antara manusia yang sangat emosional sehingga siapapun yang menonton akan tersentuh,” ujar Michael Shamberg, salah satu produser kenamaan Hollywood yang sangat menjagokan Shape of Water dalam Oscar tahun ini.

Film seperti Shape of Water juga mematahkan stigma bahwa hanya pria tampan dan sosok pahlawan super yang dapat mengalami kisah cinta sejati. Dalam beberapa film besutan Del Toro, tidak pernah ada sosok pria tampan pahlawan super yang menaklukkan dunia. Selalu ada fantasi yang sangat kental dengan unsur emosional antara karakter di dalamnya.

Dirilis pada awal Desember 2017 lalu, perolehan 13 nominasi Oscar berhasil melambungkan Shape of Water di mata penonton. Kepopuleran yang semakin meningkat mendekati ajang Oscar di awal Maret mendatang membuat jadwal rilis film ini diperluas di beberapa negara.

Setelah Shape of Water memimpin dengan 13 nominasi, urutan berikutnya ditempati oleh drama perang dunia ke-1 karya Christopher Nolan, Dunkirk dengan 8 nominasi. Drama besutan Graham Broadbent, Three Billboards Outside Ebbing Missouri berada di urutan ketiga dengan 7 nominasi.

Salah satu kejutan besar dalam nominasi Oscar tahun ini adalah munculnya nama film horor komedi Get Out. Get Out bahkan berhasil masuk dalam nominasi-nominasi utama seperti Film Terbaik dan Sutradara Terbaik bagi Jordan Peele. Masuknya Get Out dalam nominasi merupakan gebrakan besar bagi film-film dengan genre sejenis yang selama ini notabene tidak dilirik oleh Oscar. [][Donna F]]

Editor : Shofi Muhaya