Alasan Kecanduan Bir dan Kopi
bustle.com

DeveNews.Com-Jakarta. Banyak dari kita yang pastinya bertanya-tanya, mengapa minuman seperti kopi dan bir menyebabkan kecanduan ? Jawabannya bukan terletak pada rasa yang diberikan, melainkan relasi kedua minuman tersebut dalam memberikan efek atau perasaan ‘bahagia’ bagi seseorang.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern Unversity asal Chicago, AS, mengungkapkan bahwa faktor genetik berperan besar dalam menentukan kecanduan seseorang pada minuman tersebut. Studi tersebut juga menyatakan bahwa rasa bukanlah faktor utama penyebab seseorang memiliki kecanduan terhadap kopi dan bir. We like these beverages for the way they make us feel.

Sayangnya, kecanduan dua minuman ini telah berujung pada banyak masalah kesehatan. Konsumsi alkohol menjadi penyebab 200 jenis penyakit pada seseorang dan mengambil tempat sebanyak 6% sebagai penyebab kematian di dunia. Studi ini juga menunjukkan bahwa preferensi rasa untuk minuman pahit atau manis tidak didasarkan pada variasi dalam gen rasa kita, melainkan gen yang terkait dengan sifat psikoaktif minuman ini.

“Faktor genetik yang menyebabkan kita kecanduan pada minuman ini sesungguhnya disebabkan oleh komponen bersifat psikoaktif yang terkandung dalam minuman itu sendiri,” jelas Marilyn Cornelis selaku asisten profesor dari Nortwestern University Feinberg School of Medicine. “Banyak orang yang menyukai kopi atau alkohol karena efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi minuman tersebut. That’s why they drink it, even though the taste feels horrible for some person,” tambahnya.

Studi tersebut juga menambahkan bahwa terdapat variasi FTO dalam genetik seseorang yang berkaitan dengan rasa manis. Oleh karena itu tidak heran beberapa orang juga sangat menggilai minuman dengan rasa sangat manis. “FTO telah menjadi semacam gen misteri karena berlawanan dengan intuisi seseorang. Perspektif akan rasa menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa mengalami kecanduan terhadap minuman tertentu,” tutup Marilyn.

[Bella Setiawati]