Gamers Esport
Gamers Esport

Devenews, Jakarta – ESPORT adalah salah satu industri yang mulai banyak dilirik oleh generasi muda untuk mulai meniti dan memfokuskan karier. Pasalnya dunia ESPORT telah berkembang pesat, tidak sedikit atlet ESPORT yang sukses berkarier di dalamnya dan menjadi role model untuk generasi muda.

Esport singkatan dari electronic sports. Esport adalah jenis olahraga yang menggunakan peralatan elektronik seperti handphone, komputer/PC, atau konsol game seperti PlayStationXbox, dan Nintendo. Perlu diketahui bahwa esport adalah istilah yang cukup populer saat ini. Sebutan lain untuk esport adalah e-Sports atau egames.

Esport menggambarkan dunia permainan video yang kompetitif dan terorganisir. Dalam esport, dua tim yang berbeda berhadapan dalam game yang sama untuk berkompetisi memenangkan pertandingan dan memperoleh juara pertama. Beberapa contoh game yang populer dalam esport adalah Mobile Legends, Fortnite, League of Legends, Counter-Strike, Call of Duty, dan PUBG.

Esport adalah industri yang bersifat profesional, di mana para gamer menjadikan bermain game sebagai suatu profesi atau pekerjaan yang profesional. Terdapat pelatihan khusus dalam Esport dengan tujuan untuk memenangkan setiap kompetisi yang diselenggarakan.

Di Indonesia sendiri, Esport telah diakui keberadaannya sebagai olahraga prestasi di bawah KONI dan dinaungi oleh PB ESI atau Pengurus besar Esports Indonesia. Dengan begitu, esport dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Atlet Esport biasanya ditonton dan diikuti oleh ribuan hingga jutaan penggemar dan mereka memanfaatkan layanan streaming seperti Twitch atau Nimo TV yang memungkinkan penggemarnya untuk menonton mereka secara real time saat sedang memainkan game.

Sejarah Esport pertama dimulai pada tahun 1972 dimana 5 mahasiswa Stanford University berkompetisi dalam sebuah event yang bernama Intergalactic Spacewar Olympics untuk game Spacewar.

Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1980, lebih dari 10 ribu peserta berpartisipasi dalam Space Invaders Championship. Tahun 1972 – 1989 merupakan tahun dimulainya esport.

Dari pertama kali berdiri hingga sekarang, terdapat berbagai jenis esport yang sudah diciptakan. Jenis esport tersebut beragam dibedakan dari jumlah pemain, jenis permainan, dan bagaimana cara menentukan pemenang untuk masing-masingnya. Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai jenis-jenis esport adalah sebagai berikut:

  1. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

MOBA pada esport adalah salah satu jenis game yang paling banyak diminati dan memiliki komunitas terbesar. Singkatan MOBA adalah Multiplayer Online Battle Arena.

MOBA adalah jenis esport di mana dua tim karakter bersaing head-to-head dengan tujuan melindungi markas mereka dan menghancurkan turret, atau struktur lain dari benteng tim lawan.

Ajang turnamen MOBA sendiri banyak diselenggarakan di Indonesia mulai dari skala kecil hingga besar. Beberapa contoh game MOBA antara lain Arena of Valor, Mobile Legends, Dota 2, League of Legends, dll.

  1. FPS (First Person Shooter)

FPS pada esport adalah jenis game yang umumnya menyajikan animasi 3D yang bersifat first person perspective atau menampilkan sudut pandang depan dari karakter yang dimainkan.

Dalam jenis game ini, pemain dapat merasakan ketegangan, kepanikan, dan keseruan sama seperti yang dirasakan oleh karakter yang dimainkan dalam game. Beberapa contoh game FPS yang populer dalam esport adalah CS GO, PB (Point Blank), Call Of Duty, dan Counter Strike.

  1. Battle Royale

Battle Royale pada esport adalah jenis game yang memadukan ketegangan FPS dengan lingkup area tanding yang sangat luas. Berbeda dengan MOBA yang hanya melawan 5 pemain lainnya, dalam Battle Royale kamu bisa melawan 100 orang sekaligus.

Pemenang dari jenis game esport ini adalah pemain terakhir yang bertahan hidup. Namun, dalam sistem turnamen, poin kill juga ikut diperhitungkan. Contoh game Battle Royale yang populer dalam esport adalah PUBG PC/Mobile, Free Fire, dan Apex Legends.

  1. Racing & Sports

Racing & sports pada esport adalah jenis game kompetisi elektronik yang mengangkat tema olahraga konvensional seperti balap motor, sepakbola, atau basket. Format pertandingan dalam game esport ini adalah 1v1, 2v2, dan 3v3.

Contoh game racing & sports yang populer dipertandingkan dalam esport adalah MotoGP, F1, PES, FIFA.

  1. Auto Battler

Auto battler pada esport adalah jenis game casual yang sebenarnya cukup bergantung pada gacha atau keberuntungan. Meskipun begitu, tetap ada faktor strategi yang membuat game jenis ini bisa menjadi layak dianggap sebagai kompetisi skill.

Pemain harus tetap memiliki kemampuan berpikir untuk menentukan bidak-bidak terbaik karena setiap bidak memiliki kemampuan tertentu dan bisa membentuk sinergi yang memberi efek kekuatan unik.

Contoh game auto battler pada esport adalah Magic Chess, Chess Rush, dan Dota Underlords.

[Rina]

Baca juga : https://www.devenews.com/fakta-menarik-esports-sebagai-olahraga-elektronik/