Minum Air Putih di Pagi Hari, Benarkah Sehat?
optimalpositivity.com

DeveNews.Com-Jakarta. 60% dari tubuh kita terdiri dari air, oleh karena itu rutin minum air putih setiap hari adalah wajib untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Sebuah studi terbaru mengklaim bahwa minum air putih di pagi hari memiliki efek paling menyehatkan bagi tubuh, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, sekaligus melakukan detox.

Dalam sebuah studi yang menganalisa berbagai level hidrasi tubuh dari 164 partisipan dewasa berkondisi sehat menyatakan bahwa walaupun kita meminum air segera setelah bangun tidur, tubuh tidak langsung terhidrasi begitu saja, namun perlu waktu hingga beberapa jam untuk mengukur apakah kita benar-benar terhidrasi dengan baik melalui warna urin, terutama di pagi hari. Banyak partisipan dengan gaya hidup sehat tetap memiliki warna urin yang lebih pekat di pagi hari walaupun telah meminum banyak air setelah bangun tidur.

Studi lainnya menunjukkan bahwa rutin minum air putih dapat meningkatkan metabolism seseorang hingga 20-30%, sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Selain itu, setidaknya 48 kalori dibakar oleh tubuh jika kita meminum air dua kali lebih banyak dibanding rata-rata asupan normal setiap harinya.

Ketika tubuh mengalami sedikit dehidrasi saja, maka seluruh fungsi dan fokus tubuh akan terganggu. Kita akan kesulitan untuk konsentrasi dan peforma fisik maupun kognitif kita pun akan menurun. Walaupun begitu, belum ada bukti spesifik yang menunjukkan bahwa pagi hari adalah waktu terbaik untuk minum air putih.

[Bella Setiawati]