Mudah Lelah
greeleytribune.com

DeveNews.Com-Jakarta. Dalam kehidupan masyarakat urban yang serba cepat kini, sangat normal bagi seseorang untuk lebih cepat merasa lelah setelah seharian beraktivitas. Walaupun kelelahan dapat diatasi dengan tidur malam yang cukup dan berkualitas, nyatanya seringkali kita justru tidak punya waktu untuk berisitirahat dengan cukup agar tubuh dapat kembali segar. Hal ini pun akan berujung pada kecapekan, yang tidak dapat diatasi dengan tidur 8 jam saja.

Dalam beberapa kasus, kecapeka adalah salah satu gejala dari kondisi medis seperti tiroid, anemia, celiac, apnea, diabetes, demam, depresi hingga sindrom kelelahan kronis. So checking in with yourdocter when you’re exhausted are highly recommended. Pola makan yang tidak sehat juga dapat berpengaruh pada stamina tubuh seseorang, karena pola makan menentukan apakah tubuh kita mendapat nutrisi dan energy yang diperlukan untuk beraktivitas atau tidak.

Olahraga serta pola makan dan tidur yang cukup dapat menjadi solusi untuk mengatasi kecapekan. Namun, hal ini tidak mungkin dapat dilakukan semua orang karena menjaga keseimbangan antara hidup sehat dengan tuntutan pekerjaan kini menjadi hal yang sulit. Suplemen dapat menjadi salah satu solusi untuk tetap mendapatkan nutrisi terbaik bagi tubuh. Lalu suplemen apakah yang sesungguhnya paling efektif dalam mengatasi kecapekan dan mudah lelah?

Menurut para ahli kesehatan, suplemen zat besi adalah suplemen terbaik yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan energy serta menjauhkan tubuh dari resiko kecapekan dan mudah lelah. Rasa capek yang berlebih seringkali disebabkan oleh kurangnya zat besi untuk memproduksi haemoglobin, yakni sel protein darah merah yang digunakan untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika sel darah tersebut tidak dapat bekerja dengan optimal maka tubuh akan merasa lebih mudah capek dan lelah. Selain dari suplemen, asupan zat besi juga terbaik didapatkan dari makanan seperti sayuran hijau serta daging merah.

[Bella Setiawati]